INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Manfaat ASI Bagi Ibu dan Bayi

  • By
  • In Lihat
  • Posted 25 July 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Para ahli telah sepakat bahwa ASI merupakan asupan terbaik bagi bayi karena mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan bayi dalam tumbuh kembangnya. Kandungannya mulai dari vitamin, protein, lemak, karbohidrat, dan berbagai mineral penting lainnya. Mengingat begitu penting dan banyaknya manfaat ASI, pemerintah mengeluarkan peraturan tentang ASI eksklusif selama 6 bulan pertama.

Berikut manfaat yang bisa didapatkan ibu dan bayi.
1. Membantu Perkembangan Otak dan Fisik Bayi
Dilansir dari Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, manfaat ASI eksklusif bisa menunjang sekaligus membantu proses perkembangan otak dan fisik bayi. Hal tersebut dikarenakan, di usia 0 sampai 6 bulan seorang bayi belum diizinkan mengonsumsi nutrisi apapun selain ASI. Selain itu, berbagai penelitian juga telah menunjukkan bahwa bayi yang mendapat ASI memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi.
2. Mencegah Terserang Penyakit
ASI eksklusif untuk bayi yang diberikan ibu mempunyai peranan penting, yakni meningkatkan ketahanan tubuh bayi. Oleh karena itu, ASI bisa mencegah bayi terserang berbagai penyakit yang bisa mengancam kesehatan bayi.
ASI mengandung zat antibodi pembentuk kekebalan tubuh. Zat inilah yang membantu untuk melawan bakteri dan virus. Alhasil, bayi pun lebih kecil kemungkinan untuk terserang penyakit, seperti diare, alergi, infeksi saluran pernapasan, hingga konstipasi.
3. Meningkatkan Perkembangan Kognitif
Salah satu studi yang berjudul Breast milk and cognitive development-the role of co founders: a systematic lebih spesifik menyebut kalau ASI bisa meningkatkan perkembangan kognitif bayi. Ternyata pemberian ASI eksklusif bisa meningkatkan perkembangan kognitif bayi. Namun, hal ini berkaitan dengan beberapa faktor yang berhubungan dengan menyusui. Contohnya, kelas sosial atau IQ ibu.
4. Berat Badan Bayi Ideal
Bayi yang mendapat ASI eksklusif lebih besar kemungkinannya tumbuh dengan bobot yang normal karena menurut para ahli, ASI lebih sedikit merangsang produksi insulin ketimbang susu formula. Hormon insulin bisa memicu pembentukan lemak dalam tubuh. Dengan kata lain, ASI tidak banyak memicu pembentukan lemak pada bayi.
ASI eksklusif juga memiliki kadar leptin yang lebih tinggi. Lepton merupakan hormone yang berperan dalam metabolism lemak dan menimbulkan rasa kenyang.
5. Memenuhi Seluruh Kebutuhan Nutrisi
ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi. Sebab, ASI mencukupi kebutuhan energi dan zat gizi yang diperlukan Si Kecil selama awal kehidupannya. Oleh sebab itu, bayi sebenarnya tidak perlu diberi minuman lainnya krena ASI sudah memenuhi kebutuhan gizi setiap harinya.

Selain itu, Ibu juga merasakan manfaatnya, yaitu:
1. Mencegah Kanker Payudara
Pemberian ASI bisa meminimalkan timbulnya risiko kanker payudara. Menurut Kemenkes, “Manfaat ASI Eksklusif untuk Ibu dan Bayi”, salah satu pemicu kanker payudara pada ibu menyusui adalah kurangnya pemberian ASI eksklusif pada bayi mereka sendiri.
2. Sebagai KB Alami
ASI bisa menghambat terjadinya ovulasi. Dalam dunia medis, metode ini disebut dengan metode amenore laktasi. Untuk mendapatkan manfaatnya, hal yang perlu digaris bawahi adalah ibu disarankan untuk siap menyusui kapanpun ketika bayi membutuhkan.

Penulis: Salsabila M. Widyanindra

Referensi:
https://www.halodoc.com/artikel/ini-5-manfaat-asi-bagi-bayi-dan-ibu-yang-bisa-dirasakan
Baby Center. Diakses pada 2020. How breastfeeding benefits you and your baby.
Kemenkes - Direktorat Promosi Kesehatan & Pemberdayaan Masyarakat. Diakses pada 2020. Manfaat ASI Eksklusif untuk Ibu dan Bayi.

Pin It
Hits 9616