INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Bahaya Memanaskan Makanan Secara Berulang

  • By
  • In Lihat
  • Posted 25 July 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Memanaskan kembali makanan yang masih tersisa baik dari menu makan malam maupun makan siang menjadi cara yang dapat dilakukan untuk meringankan pekerjaan rumah tangga. Namun, sebaiknya perhatikan beberapa hal yang perlu diketahui saat kembali memanaskan makanan secara berulang. Sebab, memanaskan beberapa jenis makanan dapat mengubah makanan yang menyehatkan menjadi makanan yang memiliki kandungan kurang baik atau beracun bagi tubuh. Sebaiknya, semua makanan langsung dimakan sampai habis setelah dimasak. Hal ini disebabkan kandungan nutrisi dan gizi pada makanan masih segar dan tentunya memiliki rasa yang masih enak.

Makanan yang Berbahaya Jika Dipanaskan Berulang

Ketahui beberapa jenis makanan yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan ketika dipanaskan secara berulang, yaitu :
1. Nasi
Melansir dari Healthline, memanaskan nasi dengan cara yang tidak tepat dapat menyebabkan keracunan pada seseorang yang mengonsumsinya. Sebaiknya masaklah nasi dengan baik, nasi yang tidak dimasak dengan baik dapat memiliki kandungan bakteri Bacillus cereus yang tahan terhadap panas dan dapat bertahan hidup. Hindari meletakkan nasi pada suhu ruangan, jika Anda ingin menyimpan nasi, sebaiknya simpan pada lemari pendingin dan panaskan saat akan dikonsumsi. Serta hangatkan kembali nasi dengan microwave atau oven.
2. Telur
Kandungan protein dalam telur tentunya sudah tidak diragukan lagi. Namun, telur yang dipanaskan secara berulang dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Sebaiknya segera habiskan telur yang dimasak dan jangan panaskan telur secara berulang. Sebab, makanan yang memiliki kandungan protein tinggi mengandung banyak nitrogen. Nitrogen dapat teroksidasi akibat proses pemanasan yang berulang dan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan.
3. Sayuran Hijau
Sebaiknya sayuran hijau langsung dihabiskan. Melansir dari NDTV Food, sayuran hijau yang dipanaskan dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Sayuran hijau memiliki kandungan nitrat yang cukup tinggi, sehingga ketika dipanaskan ulang akan melepaskan sifat karsinogenik yang memicu penyakit kanker. Selain itu, sayuran hijau juga memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Memanaskan makanan dengan kandungan zat besi memicu oksidasi zat besi yang meningkatkan risiko penyakit kronis.

Itulah makanan yang sebaiknya segera dikonsumsi setelah dimasak. Cara untuk menghindari penyimpanan makanan atau makanan yang tersisa yaitu dengan memasak makanan sesuai dengan porsi yang akan kita makan.

Penulis : Sabita Ibtisamah
Editor : Titis Nurmalita

Sumber :
Halodoc. 2020. https://www.halodoc.com/artikel/bahaya-memanaskan-makanan-secara-berulang. (Diakses pada 25 Juli 2021).

Pin It
Hits 1297

Berita Terbaru