INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Cara Menjaga Kesehatan Rambut

  • By
  • In Lihat
  • Posted 25 July 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Beberapa orang kerap menyepelekan dalam menjaga kesehatan rambut karena terlihat tidak sepenting kesehatan tubuh yang lain. Padahal, tidak merawat rambut justru dapat menimbulkan berbagai macam masalah pada kulit kepala yang cukup mengganggu. Berikut ini beberapa cara merawat rambut, yang perlu Anda ketahui!
1. Jadwalkan Keramas Sesuai Jenis Rambut
Sebagian orang merasa bahwa cara menjaga kesehatan rambut dengan sering keramas agar terlihat lebih bersih. Faktanya, frekuensi keramas, entah itu dua atau tiga kali dalam seminggu, sebaiknya dilakukan berdasarkan jenis rambut. Contohnya, pada pemilik rambut keriting atau kribo mungkin perlu memperhatikan perawatan rambut yang satu ini. Karena, rambut yang memiliki pola ikal yang lebih padat ini memiliki tingkat kelembaban yang rendah, alias kering. Anda mungkin dapat mencuci rambut dua kali dalam seminggu dan sebaiknya pilih produk perawatan rambut yang diformulasikan khusus untuk rambut keriting. Selain itu, bagi pemilik rambut yang berminyak disarankan untuk rutin mencuci rambut agar tidak tampak lepek dan tingkat kelembabannya terjaga dengan baik setiap hari.
2. Gunakan Sampo dan Kondisioner
Keramas atau mencuci rambut tanpa sampo tentu tidak akan maksimal dalam merawat rambut. Untuk itu, memilih sampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut ternyata cukup penting sebagai cara menjaga kesehatan rambut. Pasalnya, sampo berfungsi untuk membersihkan kulit kepala dari kotoran, minyak, dan produk perawatan rambut yang diaplikasikan sebelumnya. Sementara itu, penggunaan kondisioner juga tidak kalah penting untuk perawatan rambut. Kondisioner mengandung bahan-bahan penting, seperti silikon, serta pelembap khusus yang disebut dengan emolien. Bahan-bahan tersebut berfungsi untuk melapisi helai rambut dan mengisi bagian rambut yang rusak, sehingga rambut Anda pun senantiasa terlindungi.
3. Rutin Potong Ujung Rambut
Cara merawat rambut yang satu ini ternyata tidak kalah penting, terutama ketika Anda memiliki rambut panjang. Ujung rambut merupakan bagian yang paling rentan bercabang dan mengalami kerusakan. Jika Anda membiarkan ujung rambut yang rusak tetap tumbuh, maka kerusakan rambut pun tidak dapat dihindari. Anda juga disarankan untuk memotong ujung rambut setiap 10 – 12 minggu sekali.
4. Melindungi Rambut dari Sinar Matahari
Sinar matahari tidak hanya berdampak buruk terhadap kulit, tetapi juga dapat merusak rambut. Karena dapat membuat rambut menjadi kering, kusam, dan kekurangan nutrisi. Maka dari itu, jika Anda sedang beraktivitas di luar ruangan, lakukan hal berikut ini :
- Pakai spray khusus rambut untuk melindungi warna rambut.
- Pakai topi, jepit rambut, atau payung saat pergi ke luar rumah.
- Lindungi rambut saat berenang untuk mengurangi dampak klorin.
5. Menjaga Kelembaban Rambut
Jika Anda memiliki rambut pendek yang mudah mengembang, maka akan lebih rentan menjadi kering. Oleh karena itu, menjaga kelembaban rambut penting ketika Anda mencoba untuk merawat kesehatan rambut. Tingkat kelembaban rambut penting untuk menghindari kulit kepala yang kering dan rambut pun menjadi rusak. Simak caranya berikut ini :
- Hindari keramas setiap hari.
- Batasi penggunaan hair dryer, catokan, atau pengeriting rambut dengan suhu tinggi.
- Tidak terlalu sering mewarnai rambut atau melakukan perawatan sejenisnya.
- Gunakan topi saat cuaca berangin dan penutup rambut saat berenang.

Penulis : Sabita Ibtisamah
Editor : Titis Nurmalita

Sumber :
Hellosehat. 2020. https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-rambut/cara-merawat-rambut/?amp=1. (Diakses pada 25 Juli 2021).

Pin It
Hits 5068