INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

  • By
  • In Lihat
  • Posted 25 July 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Anda tidak perlu khawatir bila melihat Si Kecil mengalami cegukan karena bayi cegukan umumnya bukanlah kondisi yang berbahaya. Bahan, cegukan bisa menjadi tanda bahwa bayi tumbuh secara normal. Meskipun begitu, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meredakan cegukannya.

Cegukan merupakan kondisi yang sangat umum terjadi pada bayi baru lahir hingga berusia 1 tahun. Cegukan dapat terjadi bila bayi makan terlalu banyak atau terlalu cepat, sehingga memicu kontraksi diafragma dan penutupan pita suara bayi yang berlangsung cepat. Selain itu, bayi cegukan juga bisa terjadi akibat terlalu banyak menelan udara dari botol susu dan perubahan suhu di dalam perut.

Untuk mengatasi bayi cegukan, Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut ini:
- Gendong Si Kecil dalam posisi tegak selama kurang lebih 20 menit dan goyang badannya secara perlahan.
Usahakan untuk memiringkan botol dengan sudut 45 derajat saat menyusui agar udara di dalam botol baik ke bagian bawah botol.
- Pangku Si Kecil dalam posisi tegak saat memberi makan untuk mencegah agar mengurangi jumlah udara yang masuk ke dalam perut.
Pangku atau gendong Si Kecil dalam posisi tegak selama 20 menit setelah menyusui agar udara naik ke atas perut dan mengurangi tekanan pada diafragma, sehingga Si Kecil bisa bersendawa.

Jika beberapa cara di atas tidak efektif untuk meredakan cegukan yang dialami bayi, maka segera bawa ia ke dokter anak agar pemeriksaan dan penanganan yang tepat dapat dilakukan. Terlebih jika cegukan sudah berlangsung selama beberapa jam dan tak kunjung hilang.

Banyak mitos yang berkembang di dalam masyarakat sebagai cara untuk mengatasi bayi cegukan. Namun, Anda sebaiknya menghindari hal tersebut, terutama jika berisiko menyebabkan cedera. Berikut beberapa mitos yang perlu dihindari, yaitu:
- Menarik lidah bayi atau menekan dahinya saat ia cegukan
- Membuat bayi kaget saat ia sedang cegukan
- Memberi bantuan pernapasan
- Meletakkan kain basah pada dahinya.

Kondisi bayi cegukan umumnya bisa reda sendiri dengan atau tanpa beberapa cara menghilangkan cegukan yang telah disebutkan sebelumnya. Namun, jika cegukan yang dialami Si Kecil sudah terlalu sering atau berlarut- larut, sebaiknya konsultasikan ke dokter anak.

Penulis: Salsabila M. Widyanindra

Referensi:
https://www.alodokter.com/jangan-khawatir-saat-bayi-cegukan-ini-cara-mengatasinya
Kadim, M. Ikatan Dokter Anak Indonesia (2013). Cegukan Pada Bayi Dan Anak.

Pin It
Hits 1012