INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

  • By
  • In Lihat
  • Posted 25 July 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Menstruasi tidak lancar sering menimbulkan rasa khawatir pada sebagian wanita. Kondisi ini dapat berupa siklus menstruasi yang memendek atau memanjang, bahkan tidak terjadi menstruasi sama sekali.

Menstruasi adalah proses luruhnya dinding Rahim yang disertai keluarnya darah dari vagina. Siklus menstruasi biasanya berlangsung antara 28-38 hari, sedangkan menstruasi itu sendiri umumnya terjadi selama 3-7 hari. Meski demikian, setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda- beda, bisa lebih pendek atau justru lebih panjang.

Menstruasi dikatakan tidak teratur apabila siklus terjadi kurang dari 21 hari atau justru lebih dari 35 hari. Selain itu, menstruasi dikelompokkan tidak lancar bila lama menstruasi berubah- ubah dan volume darah yang tidak sama setiap bulannya.

Biasanya, menstruasi tidak lancar terjadi pada tahun pertama setelah seorang wanita memasuki pubertas. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh hormone yang belum seimbang. Namun, bila menstruasi tidak normal dan dapat digolongkan menjadi beberapa tipe, yaitu:
- Polymenorrhea, yaitu siklus menstruasi yang berlangsung kurang dari 21 hari.
- Oligomenorea, yaitu kondisi ketika siklus menstruasi menjadi lebih panjang atau tidak terjadi menstruasi selama lebih dari 35 hari, tetapi kurang dari 90 hari.
- Amenorrhea, suatu kondisi ketika tidak mengalami menstruasi dalam waktu 3 bulan berturut- turut.
- Dismenore, yaitu rasa nyeri atau kram perut hebat saat menstruasi.
- Perdarahan uterus yang tidak normal, yaitu kondisi yang meliputi pendarahan menstruasi lebih banyak, menstruasi berlangsung lebih dari 7 hari, ataupun muncul perdarahan dan bercak di antara dua periode menstruasi.

Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab menstruasi tidak teratur atau tidak lancar, antara lain:
- Menopause
Umumnya menjelang menopause menstruasi bisa menjadi tidak lancar. Hal ini karena produksi hormone estrogen dan progesterone dalam tubuh menjadi tidak teratur.
- Kehamilan
Kehamilan umumnya ditandai dengan berhentinya menstruasi. Bila Anda mengalaminya, cobalah periksakan diri ke dokter untuk memastikan apakah Anda hamil atau tidak.
- Pola hidup
Menstruasi tidak lancar dapat disebabkan oleh aktivitas olahraga yang berlebihan, penurunan berat badan secara drastis, atau berat badan berlebih (obesitas). Selain itu, stress juga bisa memengaruhi siklus menstruasi Anda.
- Alat kontrasepsi
Penggunaan alat kontrasepsi memang bisa menyebabkan perubahan pada siklus menstruasi. IUD bisa menyebabkan darah yang keluar lebih banyak dari biasanya atau nyeri perut pada saat menstruasi. Sementara itu, penggunaan pil KB bisa menyebabkan sedikitnya darah menstruasi yang keluar, terutama di awal masa penggunaan, atau bahkan tidak mengalami menstruasi sama sekali hingga 6 bulan.
- Sindrom ovarium polikistik (PCOS)
PCOS adalah kelainan hormonal yang terjadi pada wanita. Wanita dengan PCOS dapat mengalami periode menstruasi yang sangat jarang atau justru berkepanjangan. Ketidaknormalan juga terjadi kepada proses pelepasan sel telur yang menyebabkan wanita penderita PCOS mengeluarkan sedikit darah, bahkan terkadang tidak mengalami menstruasi.
- Masalah pada tiroid
Kelenjar tiroid terdapat di bagian leher dan berfungsi untuk memproduksi hormon yang mengatur metabolisme tubuh. Jika kelenjar tiroid bermasalah, menstruasi pun juga akan terpengaruh. Konsultasikan hal ini ke dokter agar dilakukan tes darah guna melihat kadar hormon tiroid dalam darah Anda.

Selain itu, menstruasi tidak lancar juga dapat disebabkan oleh konsumsi obat- obatan tertentu, tinggi kadar prolaktin dalam darah, hingga penyakit diabetes yang tidak terkontrol. Apabila menstruasi terjadi selama lebih dari 7 hari atau mengalami pendarahan dan merasakan nyeri yang parah selama masa menstruasi, konsultasikan ke dokter agar dapat diketahui penyebabnya dan dapat dilakukan penanganan yang tepat.

Penulis: Salsabila M. Widyanindra

Referensi:
https://www.halodoc.com/artikel/bukan-hamil-ini-5-penyebab-haid-tidak-teratur
https://www.alodokter.com/ternyata-ini-penyebab-menstruasi-tidak-lancar

Pin It
Hits 1741