INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Masih Gak Percaya Covid-19? Nih Gambaran Umumnya

  • By
  • In Lihat
  • Posted 25 July 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Saat ini, Indonesia sedang berada dalam kondisi darurat kesehatan akibat pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai. Akhir – akhir ini di sepanjang tanggal muda dalam bulan Juli 2021, Indonesia mencapai rekor terbaru dalam kasus harian positif Covid-19 sebanyak puluhan ribu orang. Di masa pandemi dimana pemerintah menggembor – gemborkan PPKM, masyarakat yang semakin kritis baik dalam masa pengobatan Covid maupun dalam berburu vaksin, tenaga kesehatan dan rumah sakit yang semakin kolaps karena tak mampu lagi membendung jumlah pasien Covid-19 yang semakin membludak, masih saja ada oknum – oknum diluar sana yang tak percaya Covid-19 dan menganggap pandemi ini adalah sebuah konspirasi. Teruntuk orang – orang yang masih menganggap bahwa Covid ini adalah sebuah teori yang menyesatkan, mari saya bimbing anda untuk mengenal secara umum terlebih dahulu bagaimana Covid-19 bisa muncul di dunia.

Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh Coronavirus jenis baru. Penyakit ini diawali dengan munculnya kasus pneumonia yang tidak diketahui etiologinya di Wuhan, China pada akhir Desember 2019 (Li et al, 2020). Berdasarkan hasil penyelidikan epidemiologi, kasus tersebut diduga berhubungan dengan Pasar Seafood di Wuhan. Pada tanggal 7 Januari 2020, Pemerintah China kemudian mengumumkan bahwa penyebab kasus tersebut adalah Coronavirus jenis baru yang kemudian diberi nama SARS-CoV-2 (Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2). Virus ini berasal dari famili yang sama dengan virus penyebab SARS dan MERS. Meskipun berasal dari famili yang sama, namun SARS-CoV-2 lebih menular dibandingkan dengan SARS-CoV dan MERS-CoV (CDC China, 2020). Proses penularan yang cepat membuat WHO menetapkan COVID-19 sebagai KKMMD/PHEIC pada tanggal 30 Januari 2020. Angka kematian kasar bervariasi tergantung negara dan tergantung pada populasi yang terpengaruh, perkembangan wabahnya di suatu negara, dan ketersediaan pemeriksaan laboratorium.

Thailand merupakan negara pertama di luar China yang melaporkan adanya kasus COVID-19. Setelah Thailand, negara berikutnya yang melaporkan kasus pertama COVID-19 adalah Jepang dan Korea Selatan yang kemudian berkembang ke negara-negara lain. Sampai dengan tanggal 30 Juni 2020, WHO melaporkan 10.185.374 kasus konfirmasi dengan 503.862 kematian di seluruh dunia (CFR 4,9%). Negara yang paling banyak melaporkan kasus konfirmasi adalah Amerika Serikat, Brazil, Rusia, India, dan United Kingdom. Sementara, negara dengan angka kematian paling tinggi adalah Amerika Serikat, United Kingdom, Italia, Perancis, dan Spanyol.

Indonesia melaporkan kasus pertama COVID-19 pada tanggal 2 Maret 2020 dan jumlahnya terus bertambah hingga sekarang. Sampai dengan tanggal 30 Juni 2020 Kementerian Kesehatan melaporkan 56.385 kasus konfirmasi COVID-19 dengan 2.875 kasus meninggal (CFR 5,1%) yang tersebar di 34 provinsi. Sebanyak 51,5% kasus terjadi pada laki-laki. Kasus paling banyak terjadi pada rentang usia 45-54 tahun dan paling sedikit terjadi pada usia 0-5 tahun. Angka kematian tertinggi ditemukan pada pasien dengan usia 55 – 64 tahun.

Jadi, masih tidak percaya bahwa Covid-19 itu benar – benar ada? Masihkah anda dapat berucap bahwa Covid-19 hanyalah sebuah teori konspirasi yang dicanangkan pemerintah?

Oleh : Raudhatushafytra Kuntari

Referensi :
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, ‘Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease (COVID-19)’, 2020

Pin It
Hits 639