INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Penggunaan Bilik Disinfeksi untuk Mencegah Covid-19

  • By
  • In Lihat
  • Posted 06 August 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 735

Covid-19 saat ini menjadi penyakit pandemi di dunia saat ini. Banyak negara termasuk Indonesia melakukan langkah-langkah ketat agar penyebaran Covid-19 bisa dikurangi. Langkah langkah yang sudah dilakukan antara lain dengan menerapkan protokol kesehatan (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak), stay at home, bekerja dan belajar dari rumah, beribadah di rumah, disinfeksi tempat-tempat umum termasuk jalan dan pembatasan wilayah serta vaksinasi.

Keunggulan Bilik Disinfeksi

Bilik disinfeksi dengan model spray yang mengandung larutan disinfektan sangat baik untuk membunuh mikrorganisme termasuk di dalamnya virus penyebab Covid-19, sehingga fasilitas ini diharapkan dapat meminimalisasi penyebaran penyakit. Setiap orang yang melewati bilik disinfeksi ini maka secara otomatis akan tersterilisasi pada bagian luar tubuhnya, karena tersemprot oleh cairan disinfektan.

Metode dan Hasil

Pelaksanaan program bilik disinfeksi dilakukan dengan cara memberi sosialisasi kepada sebagian mahasiswa, petugas piket, pegawai, dokter hewan, perawat hewan dan masyarakat yang membawa hewan ke RSHP (Rumah Sakit Hewan Pendidikan). Materi sosialisasi meliputi kegunaan bilik disinfeksi dan tata cara pemakaian. Langkah berikutnya dilakukan instalasi bilik disinfeksi di lokasi pintu masuk gedung FKH dan RSHP Universitas Airlangga.

Kesimpulan program pengabdian masyarakat tentang keberadaan bilik disinfejsi diantaranya adalah dapat meningkatkan pengetahuan responden sebesar 93,1%, membuat rasa sangat aman sebesar 41,4% dan rasa aman sebesar 51,7%. Selain itu, 72,4% masyarakat sangat mendukung dan 27,6% mendukung keberadaan bilik disinfeksi di FKH dan RSHP selain tetap wajib menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti pola hidup sehat.

 

Sumber: http://news.unair.ac.id/2021/08/06/penggunaan-bilik-disinfeksi-untuk-mencegah-covid-19/

Sumber gambar: Bisnis

Penulis : Sunaryo Hadi Warsito.drh., M.P.

Informasi detail dari riset ini dapat dilihat pada tulisan kami di:

https://e-journal.unair.ac.id/JMV/article/view/23296

Sunaryo Hadi Warsito, Mufasirin dan Muchammad Yunus (2021). Use of Disinfection Chamber to Prevent Covid-19 at the Faculty of Veterinary Medicine, Universitas Airlangga. Jurnal Medik Veteriner. Volume 4, Nomor 1, Halaman 165-169 April 2021.

http://dx.doi.org/10.20473/jmv.vol4.iss1.2021.165-169

 

Pin It
Hits 370