INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Ragam Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan Kulit

  • By Alina Ramadani
  • In Lihat
  • Posted 08 June 2022

Vitamin C dikenal sebagai salah satu vitamin yang mampu menjaga kesehatan tubuh, terlebih untuk kesehatan kulit. Wajar saja jika banyak brand kecantikan yang menggunakan vitamin C sebagai bahan utama dalam pembuatan produk kecantikan kulit, karena vitamin C memang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan kulit kita. Sudah tahukah kamu beberapa di antaranya? Yuk, mari kita simak beberapa penjelasan dan manfaat dari vitamin C bagi kesehatan kulit.

Kulit memiliki fungsi penting bagi tubuh. Organ ini berfungsi untuk mengatur suhu, membantu tubuh merasakan sensasi sentuhan, suhu panas maupun dingin, membantu dalam keseimbangan cairan tubuh, menghasilkan vitamin D. Kulit juga berfungsi untuk melindungi tubuh dari cedera, infeksi, serta paparan radiasi, seperti sinar ultraviolet (UV). Kulit membutuhkan nutrisi seimbang untuk tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Nutrisi ini meliputi air, protein, lemak tak jenuh atau lemak sehat, serta vitamin. Di antara nutrisi tersebut, vitamin C merupakah salah satu jenis vitamin yang sangat penting bagi kulit.

Vitamin C adalah nutrien dan vitamin yang larut dalam air serta penting bagi kehidupan serta untuk menjaga kesehatan. Manfaat vitamin C untuk kulit bisa didapatkan dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C atau menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C. Sumber vitamin C berasal dari pangan terutama sayur dan buah utamanya yang rasanya asam seperti jeruk, lemon, stroberi, nanas, brokoli, paprika, tomat, dan lain sebagainya.

Manfaat Vitamin C untuk Kulit

Adapun beberapa manfaat vitamin C untuk kulit, antara lain:

1. Sebagai Antioksidan

Vitamin C berperan sebagai antioksidan dan penghambat radikal bebas. Radikal bebas distimulasi dari paparan radiasi sinar UV yang meningkat dari paparan sinar matahari. Radiasi UV menembus ke dalam kulit sebagai agen reaktif. Efek dari radikal bebas ini terlihat cepat dalam proses pengerutan / penuaan dini pada kulit dan deformitas kulit. Oleh karena itu, vitamin C membantu tubuh dalam menetralisir radikal bebas ini sebagai peredam atau pelindung dari paparan ultraviolet.

2. Menunjang Produksi Kolagen

Salah satu manfaat vitamin C untuk kulit adalah menunjang produksi kolagen, yakni protein yang dibutuhkan tubuh untuk membantu mencegah keriput, proses penyembuhan luka, menjaga keremajaan kulit, memperlambat proses penuaan, dan mencerahkan kulit.

3. Mencegah Kanker Kulit

Semakin bertambah usia, maka kulitnya akan semakin rentan mengalami kerusakan. Jika ada faktor risiko lain, seperti sering terpapar sinar matahari dalam jangka panjang, maka kerusakan kulit tersebut bisa menyebabkan terjadinya kanker kulit. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa efek antioksidan dan anti radang pada vitamin C ternyata baik untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Efek ini juga diduga turut berperan dalam mencegah terjadinya kanker kulit.

4. Mencegah Hiperpigmentasi Kulit

Vitamin C dapat mengurangi hiperpigmentasi pada kulit wajah karena mampu menghambat melanin. Sebagai inhibitor tirosinase, vitamin C membantu mencegah produksi melanin dan meringankan hiperpigmentasi sehingga warna kulit wajah menjadi rata kembali.

Tips Mengonsumsi Vitamin C Secara Efektif

Mengonsumsi vitamin C sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh, namun sebaiknya jangan berlebihan. Asupan vitamin C harian yang diperlukan oleh tubuh disesuaikan dengan usia dan jenis kelamin. Perempuan remaja dan dewasa membutuhkan asupan vitamin C 75 mg per hari, pria remaja dan dewasa membutuhkan asupan vitamin C 90 mg per hari, sedangkan ibu hamil dan menyusui membutuhkan asupan vitamin C 80-100 mg per hari.

Cara Memanfaatkan Vitamin C untuk Kulit

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan manfaat vitamin C bagi kulit secara optimal, di antaranya:

1. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin C

Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat vitamin C untuk kulit adalah mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin C secara rutin. Sumber vitamin C alami, antara lain jeruk, lemon, mangga, kiwi, nanas, pepaya, brokoli, cabai merah, tomat, paprika, dan lain sebagainya. Untuk melengkapi asupan vitamin C tersebut, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin C dalam bentuk tablet, permen, atau suntikan. Namun, sebelum menggunakannya, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar manfaat vitamin C tetap efektif dan aman.

2. Mengaplikasikan Serum dan Krim Vitamin C

Vitamin C dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit. Anda bisa mendapatkan khasiatnya melalui serum ataupun krim vitamin C. Kedua perawatan kulit ini berfungsi untuk mengurangi jumlah sel kulit yang terbakar, mengurangi kemerahan pada kulit akibat paparan sinar matahari, serta mengatasi kulit kering.

Nah, itu tadi beberapa informasi seputar vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

 

Sumber Referensi :

Pakaya, D. (2014). Peranan Vitamin C Pada Kulit. MEDIKA TADULAKO, Jurnal Ilmiah Kedokteran, Vol.1 No.2.

Rattanawiwatpong, et al. (2020). Anti‐aging and brightening effects of a topical treatment containing vitamin C, vitamin E, and raspberry leaf cell culture extract: A split‐face, randomized controlled trial. Journal of Cosmetic Dermatology, 19 (3), pp. 671-676.

Penulis : Sabita Ibtisamah (Airlangga Nursing Journalist)

Editor : Risky Nur Marcelina (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 1473