INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Senam Kaki pada Penderita Diabetes Mellitus

  • By Salwa Az Zahra
  • In Lihat
  • Posted 10 June 2022

Senam kaki merupakan latihan yang dilakukan bagi penderita DM atau bukan penderita untuk mencegah terjadinya luka dan membantu melancarkan peredaran darah bagian kaki (Soebagio, 2011). Gerakan-gerakan senam kaki ini dapat memperlancar peredaran darah di kaki, memperbaiki sirkulasi darah, memperkuat otot kaki dan mempermudah gerakan sendi kaki. Dengan demikian, diharapkan kaki penderita diabetes dapat terawat baik dan dapat meningkatkan kualitas hidup penderita diabetes (Anneahira, 2011).

Adapun tujuan dilakukannya senam kaki diabetes mellitus, yaitu:

  1. Memperbaiki sirkulasi darah
  2. Memperkuat otot-otot kecil
  3. Mencegah terjadinya kelainan bentuk kaki
  4. Meningkatkan kekuatan otot betis dan paha
  5. Mengatasi keterbatasan gerak

Langkah-langkah pelaksanaan senam kaki diabetes mellitus yaitu sebagai berikut:

1. Pasien duduk tegak di atas bangku dengan kaki menyentuh lantai.

1

    Pasien duduk diatas kursi

2. Dengan tumit yang diletakkan di lantai, jari-jari kedua belah kaki diluruskan ke atas lalu dibengkokkan kembali ke bawah seperti cakar ayam sebanyak 10 kali.

2

    Tumit kaki di lantai dan jari-jari kaki diluruskan ke atas

3. Dengan meletakkan tumit salah satu kaki di lantai, angkat telapak kaki ke atas. Kemudian sebaliknya pada kaki yang lainnya, jari-jari kaki diletakkan di lantai dan tumit kaki diangkatkan ke atas. Gerakan ini dilakukan secara bersamaan pada kaki kanan dan kiri bergantian dan diulangi sebanyak 10 kali.

3

    Tumit kaki di lantai sedangkan telapak kaki diangkat

4. Tumit kaki diletakkan di lantai. Kemudian bagian ujung jari kaki diangkat ke atas dan buat gerakan memutar pada pergelangan kaki sebanyak 10 kali.

4

    Ujung kaki diangkat ke atas

5. Jari-jari kaki diletakkan di lantai. Kemudian tumit diangkat dan buat gerakan memutar dengan pergerakkan pada pergelangan kaki sebanyak 10 kali.

5

    Jari-jari kaki di lantai

6. Kemudian angkat salah satu lutut kaki, dan luruskan. Lalu gerakan jari-jari kaki kedepan kemudian turunkan kembali secara bergantian ke kiri dan ke kanan. Ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali.

7. Selanjutnya luruskan salah satu kaki diatas lantai kemudian angkat kaki tersebut dan gerakkan ujung jari-jari kaki ke arah wajah lalu turunkan kembali ke lantai.

8. Angkat kedua kaki lalu luruskan. Ulangi sama seperti pada langkah ke-8, namun gunakan kedua kaki kanan dan kiri secara bersamaan. Ulangi gerakan tersebut sebanyak 10 kali.

9. Angkat kedua kaki dan luruskan, pertahankan posisi tersebut. Kemudian gerakan pergelangan kaki ke depan dan ke belakang.

10. Selanjutnya luruskan salah satu kaki dan angkat, lalu putar kaki pada pergelangan kaki, lakukan gerakan seperti menulis di udara dengan kaki dari angka 0 hingga 10 lakukan secara bergantian.

6

     Kaki diluruskan dan diangkat

11. Letakkan selembar koran dilantai. Kemudian bentuk kertas koran tersebut menjadi seperti bola dengan kedua belah kaki. Lalu buka kembali bola tersebut menjadi lembaran seperti semula menggunakan kedua belah kaki. Gerakan ini dilakukan hanya sekali saja.

12. Kemudian robek koran menjadi 2 bagian, lalu pisahkan kedua bagian koran tersebut.

13. Sebagian koran di sobek-sobek menjadi kecil-kecil dengan kedua kaki.

14. Kemudian pindahkan kumpulan sobekan-sobekan tersebut dengan kedua kaki, lalu letakkan sobekkan kertas pada bagian kertas yang utuh tadi.

15. Lalu bungkus semua sobekan-sobekan tadi dengan kedua kaki kanan dan kiri menjadi bentuk bola.

15

     Kaki merobek kertas koran kecil-kecil dengan menggunakan jari-jari kaki lalu bungkus menjadi bentuk bola.

Tips aman berolahraga untuk penderita diabetes mellitus, yaitu:

  1. Melakukan pemanasan dan juga pendinginan
  2. Minum banyak cairan untuk mencegah dehidrasi
  3. Periksa kadar gula darah sebelum olahraga, terutama jika menggunakan insulin. Ini juga dilakukan untuk mencegah terjadinya hipoglikemia
  4. Jika kadar gula darah dibawah 100 mg/dL, mungkin kita perlu camilan yang mengandung 15-20 gr karbohidrat
  5. Jika kadar gula darah diatas 240 mg/dL, konsultasikan dengan dokter sebelum berolahraga
  6. Gunakan kaus kaki dan sepatu yang sesuai dan nyaman
  7. Setelah berolahraga, tidak ada salahnya periksa kembali kadar glukosa darah.

 

Referensi:

Anneahira. 2011. Senam Kaki Diabetes. Diakses dari http://www.anneahira.com/ senam-kaki-diabetes.htm.

Flora, Rostika., Hikayati., Sigit Purwanto. 2013. Pelatihan Senam Kaki pada Penderita Diabetes Mellitus dalam Upaya Pencegahan Komplikasi Diabetes pada Kaki (Diabetes Foot). Jurnal Pengabdian Sriwijaya; 7-15.

Hannyta Ratna Bravo. 2020. Pentingnya Senam Kaki Diabetes Bagi Penderita Diabetes Mellitus. Diakses tanggal 10 Juni 2022 dalam https://kakidiabetindonesia.com/main/news/detail/47/pentingnya-senam-kaki-diabetet-bagi-penderita-diabetes-mellitus.

Harismi, Asni. 2022. Senam Diabetes dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Anda. Diakses tanggal 10 Juni 2022 dalam https://www.sehatq.com/artikel/senam-diabetes-dan-manfaatnya-bagi-kesehatan-anda.

Soebagio, Imam. 2011.Senam Kaki Sembuhkan Diabetes Mellitus. Diakses dari http://pakdebagio.blogspot.com/2011/04/senam-kaki-sembuhkan-diabetes-melitus.html.

Penulis: Denata Rahmadani Lukitasari (Airlangga Nursing Journalist)
Editor: Lailatul Yusnida (Airlangga Nursing Journalist

 

Pin It
Hits 20183

Berita Terbaru