INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

NURSE ACTION 2024: Menjunjung Aksi Meningkatkan Minat Literasi

  • By Anindya Putri Ravina
  • In Ners News
  • Posted 02 May 2024

NERS NEWS – Departemen Sosial dan Masyarakat (Sosmas) BEM Fakultas Keperawatan sukses mengadakan Nurse Action 2024 di TPQ Al-Musthafa pada hari Sabtu, (27/04/2024). Nurse Action merupakan salah satu program kerja dari Sosmas BEM Fakultas Keperawatan yang telah berkontribusi membantu peningkatan kualitas pembelajaran dalam hal bercerita, membaca, menulis serta berhitung di jenjang TK sampai SD. Kegiatan Nurse Action ini juga turut dihadiri oleh perwakilan dari BPH BEM, BLM FKp Unair, dan ANJ FKp Unair.

Kegiatan Nurse Action bertemakan “Dengan Berkarya, Terangi Bangsa” ini bertujuan untuk memberikan kontribusi nyata bagi mereka anak jalanan di daerah Jalan Panggung, dekat Jembatan Merah, Surabaya Utara. Kegiatan ini menjadi kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dan juga implementasi SDG’s nomor 4 “Pendidikan Bermutu”. Kegiatan Nurse Action ini diharapkan mampu membangkitkan semangat dan menumbuhkan rasa kepedulian pada mahasiswa serta menyadarkan masyarakat untuk melakukan perubahan atas masalah pendidikan yang dihadapi oleh anak-anak jalanan.

Nurse Action bukan sekedar kegiatan pengabdian kepada masyarakat saja tetapi juga melakukan penggalangan donasi untuk seluruh masyarakat baik berupa uang maupun buku bacaan. Dari hasil donasi terkumpul uang sejumlah Rp.100.000,00 yang nantinya dibelikan buku tulis dan donasi buku bacaan sebanyak 30 buah. Hasil donasi tersebut diberikan kepada anak-anak jalanan sebagai alat penunjang dalam kegiatan belajar mereka juga menambah wawasan.

Norman Nafi Ramadhani selaku ketua pelaksana kegiatan Nurse Action 2024 mengatakan selama kegiatan berlangsung anak-anak terlihat bersemangat walaupun banyak dari mereka yang masih belum lancar dalam membaca, menulis dan berhitung tetapi mereka tidak pantang menyerah. Mereka juga terlihat sangat senang dan menyimak dongeng yang dibacakan oleh panitia yang bertugas.

Nurse Action tahun ini rasanya sederhana tapi penuh makna. Kegiatannya ngena banget, bahkan panitia perlu effort yang tinggi. Tapi dari effort ini, hasil yang didapat juga tinggi. Suasananya dapet mulai dari, kebersamaannya, anak-anaknya bisa senyum bareng, ketawa bareng, bahkan walaupun ada tantangan tersendiri saat mengajar mereka, tapi berkat dari merekanya yang pantang menyerah, membuat diri kita terdorong untuk terus berusaha juga. Semoga Nurse Action tahun depan juga bisa bahkan lebih baik dari yang tahun ini,” ungkap Norman selaku ketua pelaksanaan Nurse Action 2024.

Dengan terlaksananya Nurse Action 2024 diharapkan mahasiswa Universitas Airlangga mampu meningkatkan rasa kepedulian dan solidaritas dengan membagi ilmu yang mereka dapatkan selama duduk di bangku perkuliahan kepada mereka yang masih belum mendapatkan pendidikan yang layak.

 

Penulis: Aufa Nur Aisyah Kurnianti
Editor : Anindya Putri Ravina (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 107