INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

SAIL PROGRAM NEW GENERATION: WORKSHOP AND FIELD TRIP COMMUNITY ENGAGEMENT

  • By Nasya Puspita Anggraeni
  • In Ners News
  • Posted 24 June 2024

NERS NEWS - Sebanyak 30 mahasiswa yang terdiri dari 10 Mahasiswa Prince of Songkla University Thailand, 10 mahasiswa Keperawatan Universitas Airlangga Fakultas dan perwakilan mahasiswa mitra kampus yaitu dari Poltekkes Surabaya, Stikes Hang Tuah, dan Stikes NHM berpartisipasi dalam kegiatan workshop dan field trip yang bertemakan “ Digitalisasi Pencegahan Dan Pengobatan Tuberkulosis Pada Masyarakat Rentan” yang berlangsung dari tanggal 4-5 Juni 2024.

Workshop berlangsung pada tanggal 4 Juni 2024 dan dibuka dengan penuh sambutan dari Dr. Yuni Sufyanti Arief, S.Kp., M.Kes selaku Koordinator Program Studi S1 ​​Keperawatan Unair . Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi materi 1 oleh Bapak Hakim Zulkarnaen, S.Kep., Ns., MSN dengan topik Gambaran Umum Tuberkulosis di Indonesia (Konsep, Tantangan, dan Strategi) dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Dilanjutkan dengan sesi materi 2 mengenai topik yang sama yaitu Ikhtisar Tuberkulosis di Thailand oleh Dr. Warissara Sorat dan sesi tanya jawab yang juga berlangsung setelah sesi materi selesai. Sesi materi ditutup dengan penyampaian materi ketiga oleh Ibu Lingga Curnia Dewi, S.Kep., Ns., M.Kep mengenai Inovasi Digital untuk Pencegahan dan Penanggulangan Tuberkulosis.

Tidak hanya teori, para peserta juga melakukan Focus Group Discussion dan presentasi mengenai “Upaya Masyarakat Meningkatkan Pencegahan Tuberkulosis” yang dipandu oleh Ibu Nur Arifah, S.Kep., Ns., M.Kep. Setelah workshop berlangsung, kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke Puskesmas Klampis Ngasem dan Posyandu pada tanggal 5 Juni 2024. Kunjungan ini diawali dengan pengenalan fasilitas kesehatan dan program kesehatan yang ada di Puskesmas Klampis. Selain itu, mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan penyuluhan mengenai Tuberkulosis saat di Posyandu secara langsung sehingga perwakilan mahasiswa dari kampus mitra kegiatan dapat membaur dengan komunitas masyarakat.

 

Penulis : Adinda
Editor : Nasya Puspita Anggraeni (Wartawan Keperawatan Airlangga)

Pin It
Hits 149

Berita Terbaru