INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi

  • By
  • In Lihat
  • Posted 30 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 735

Pandemi tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik, tetapi juga dapat berpengaruh pada kondisi mental setiap orang. Terlebih lagi saat ini masyarakat dihadapkan pada aturan new normal yang mana mendorong masyarakat untuk beradaptasi cepat dengan kebiasaan baru.

Kondisi tersebut semakin parah dengan dampak sosial ekonomi yakni potensi terkena PHK yang membuat masyarakat risau masalah finansial, pekerjaan, dan masa depan seusai pandemi berakhir. Jika tidak segera ditangani, masyarakat dapat mengalami gangguan kesehatan mental atau penyakit mental.

Maka dari itu, kita disarankan untuk mengetahui tanda-tanda gangguan dalam diri maupun orang di sekitar kita agar bisa mendapat pertolongan yang tepat. Berikut beberapa tanda seseorang mengalami gangguan mental akibat pandemi:

- Perubahan pola tidur.
- Gangguan pola makan.
- Sulit berkonsentrasi.
- Penyalahgunaan alkohol dan obat-obatan.
- Timbulnya rasa bosan dan stres, terutama pada remaja dan anak-anak karena terus berada di rumah dan harus beradaptasi dengan kebiasaan baru.
- Memburuknya kesehatan fisik, khususnya bagi orang dengan penyakit kronis seperti diabetes dan hipertensi.
- Rasa takut berlebihan akan keselamatan diri dan orang-orang terdekat.
- Muncul gangguan psikosomatik.

Jika kita maupun orang terdekat merasakan tanda-tanda di atas, segera lakukan beberapa langkah untuk menanganinya, antara lain:

1) melakukan aktivitas fisik

Pilih aktivitas fisik seperti olahraga ringan yang mampu menenangkan pikiran serta membangun mood lebih baik. Contoh yang dapat dicoba antara lain yoga, latihan pernapasan, peregangan, dan sejenisnya.

2) Tetap konsumsi makanan bergizi seimbang

Pastikan pola makan tetap dijaga secara teratur dengan asupan bergizi seimbang. Tubuh yang sehat dapat menjaga kesehatan mental secara langsung maupun tidak langsung.

3) menjauhi kebiasaan buruk

4) Manjakan diri

5) Bijak menerima informasi

Selain kelima hal di atas, kita juga disarankan untuk tetap berkomunikasi dengan keluarga dan sahabat, terutama jika memiliki masalah untuk diceritakan.Terus menjaga hubungan dengan lingkungan, baik melalui telepon maupun video call penting untuk kesehatan jiwa kita agar lebih tenang.

 

Pin It
Hits 1319