INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

JAGA KESEHATAN MATA SAAT PANDEMI COVID-19

  • By
  • In Lihat
  • Posted 30 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 738

Pandemi virus Covid-19 membuat sebagian besar orang lebih banyak beraktivitas dari rumah, mulai dari sekolah, bekerja, dan berkegiatan lainnya. Sebagian besar waktu dihabiskan pada layar perangkat elektronik. Hal ini membuat konsumsi masyarakat akan penggunaan gadget semakin meningkat dan kesehatan mata akan berisiko besar terganggu.

Kondisi yang rentan terjadi adalah ketegangan pada mata. Penderita yang mengalaminya akan merasakan ketidaknyamanan fisik setelah 2 jam atau lebih menatap layar perangkat elektronik. Gejala yang biasanya muncul adalah mata kering, penglihatan tidak jelas, mata terasa lelah, leher dan pundak nyeri dan kaku, serta sakit kepala.

Berikut adalah 5 tips penting yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata selama pandemi.

1. Menyesuaikan posisi monitor perangkat dengan tepat.
Pastikan bahwa monitor berada tepat di hadapan Anda atau sekitar sejauh satu lengan. Posisikan bagian atas layar tepat berada di bawah ketinggian mata.

2. Mengatur kecerahan dan kontras layar.
Sesuaikan tingkat kecerahan layar menjadi hampir sama dengan tingkat kecerahan di sekeliling Anda.

3. Mengikuti aturan 20/20/20.
Lakukan jeda teratur menggunakan aturan 20/20/20, yakni untuk setiap 20 menit menatap layar monitor, sempatkan untuk mengalihkan pandangan Anda dari layar monitor selama 20 detik ke titik lain yang berjarak 20 kaki (sekitar 6 meter). Selain itu, kedipkan mata sesering mungkin karena dapat membantu melembabkan dan menyegarkan mata Anda.

4. Mengonsumsi makanan bergizi seimbang.
Pastikan Anda memperbanyak konsumsi makanan yang mengadung zat-zat penting bagi kesehatan mata, seperti vitamin A.

5. Menggunakan kacamata penghalang radiasi.
Gunakan kacamata dengan lapisan anti radiasi yang dapat membantu mengurangi jumlah cahaya yang dipantulkan. Jika Anda menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar, jangan gunakan lensa kontak karena penggunaan lensa kontak dapat meningkatkan risiko memperburuk kesehatan mata.

Kesimpulannya adalah menjaga kesehatan mata sangat penting untuk menjalankan aktivitas, terutama di masa pandemi. Jika mata sehat, maka aktivitas lancar dan maksimal!


Penulis: Ikhlasul Amalia

Pin It
Hits 1221