INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

MENJAGA IMUNITAS DI MASA PANDEMI COVID-19

  • By Alina Ramadani
  • In Lihat
  • Posted 30 March 2021

Pandemi Covid-19 mengharuskan kita untuk mengerjakan segala sesuatu di rumah. Seperti Work from home, kulih online, sekolah online, dan lainnya.

Selain menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan lain lain, kita harus menjaga imunitas tubuh. Berikut beberapa cara untuk menjaga imunitas di masa pandemi:

1. Mengonsumsi makanan bergizi seimbang

Makanan bergizi seimbang sangat penting untuk imunitas atau kekebalan tubuh, agar kita terlindung daro infeksi virus Covid-19, serta memberikan perlindungan lebih bagi tubuh. Makanan bergizi seimbang, setidaknya terdiri dari:

- Makanan pokok, yang berupa sumber karbohidrat. Karbohidrat sendiri bisa didapat dari nasi, jagung, kentang, dan umbi-umbian.

- Lauk pauk, yang berupa sumber protein dan mineral. Sumber protein dan mineral bisa didapat dari dua jenis, yaitu hewani dan nabati, Contoh lauk hewani yaitu daging, ikan, ayam, telur. Sedangkan contoh lauk nabati yaitu tahu, tempe, kacang-kacangan.

- Sayuran dan buah, yang berupa sumber vitamin, mineral, dan serat. Sayuran dan buah-buahan yang berwarna memiliki banyak kandungan vitamin dan berfungsi sebagai antioksidan, yaitu vitamin A, C, dan E.

2. Memperhatikan proses memasak

Percuma membeli berbagai jenis makanan bergizi, jika tidak diolah dan dimasak dengan cara yang tepat. Saat mengolah bahan baku makanan, kita harus memperhatikan beberapa hal berikut:

- Mencuci tangan dibawah air mengalir menggunakan sabun sebelum mulai memasak - Mencuci lauk pauk, sayur, buah-buahan dengan bersih

- Lauk dimasak dengan matang, bukan setengah matang

- Membatasi pemakaian gula, garam, dan lemak berlebih

3. Memperhatikan detail kecil yang sering terlupakan

Hal-hal berikut merupakan hal yang paing sering dilupakan. Padahal ini membawa peranan yang sangat penting dan berguna bagi tubuh kita. Berikut contohnya:

- Minum air putih minimal delapan gelas sehari. Air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Kekurangan meminum air putih dapat menimbulkan berbagai penyakit.

- Mengonsumsi suplemen multivitamin atau madu. Suplemen multivitamin dan madu sangat baik untuk dikonsumsi karena memiliki banyak kandungan vitamin dan berbagai manfaat lainnya untuk menjaga imunitas tubuh.

- Menghindari rokok dan minuman beralkohol. Alangkah lebih baik untuk menghindari rokok dan minuman beralkohol demi meningkatkan imunitas tubuh di tengah pandemi ini.

- Rileks dan mengendalikan emosi. Tetaplah santai, jangan panik. Jangan memburu semua stok di supermarket seperti masker, hand sanitizer, makanan, dan lain-lain. Kendalikan diri dan jagalah kestabilan emosi.

4. Rutin berolahraga

Seringkali masyarakat beralasan untuk tidak berolahraga, karena keterbatasan ruang di dalam rumah dan juga keterbatasan alat olahraga. Namun, ada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan di dalam rumah, dan bisa dilakukan kapan saja,yaitu:

- Lompat tali. Merupakan olahraga terbaik yang bisa dilakukan di rumah. Alat yang dibutuhkan hanyalah skipping rope.

- Melakukan stretching. Bagi yang malas berolahrga, lakukanlah stretching setelah bangun tidur dan sebelum bangun tidur.

- Yoga.

- Senam aerobic

- Jogging di teras rumah, dan sebagainya

5. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup merupakan suatu hal yang sering diacuhkan oleh masyarakat. Apalagi di tengah work from home, membuat beberapa orang merasa bebas untuk begadang karena keesokan harinya mereka tidak perlu bangun terlalu pagi.

Normalnya, manusia membutuhkan waktu tidur sekitar 6-8 jam perharinya. Jika kurang dari itu, akan berdampak buruk terhadap Kesehatan organ tubuh. Kelebihan tidur pun akan menimbulkan dampak negatif. Oleh karena itu, pastikan untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap malamnya.

Sumber: Diakses pada tanggal 16 oktober 2020, dari

https://covid19.go.id/storage/app/media/Materi%20Edukasi/final-panduan-gizi-seimbang-pada masa-covid-19-1.pdf

Penulis : Fatharani Putri A.

Pin It
Hits 1428