INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Mengurangi Rasa Stress di Era Pandemi

  • By
  • In Lihat
  • Posted 30 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 735

Pada masa pandemi seperti ini, bukan hanya protocol kesehatan yang harus tetap diperhatikan. Namun stamina tubuh utamanya kesehatan mental juga harus tetap dijaga. Hal ini dikarenakan faktor psikologis dalam tubuh dapat mempengaruhi stressor yang akan memicu adanya lemahnya daya tahan tuubuh. Saat daya tahan tubuh menurun, maka tubuh akan mudah terinfeksi.

Berikut adalah tips dalam menjaga kesehatan mental :

1. Batasi Membaca Berita

Pada masa sepeti saat ini, tentu banyak sekali berita yang beredar. Makin hari makin banyak peningkatan yang dipublikasikan melalui media. Oleh karena itu, jangan terlalu panik dan tetap tenang dan selektif dalam membaca berita. Membaca berita secukupnya, selebihnya terapkan keamanan kesehatan pada diri masing –masing.

2. Rehat dari Media Sosial

Banyaknya berita yang beredar dan cepatnya arus teknologi saat ini tentu membuat kita sulit dalam membatasi hal-hal yang tidak ingin ditemukan saat menjelajahi sosial media. Namun ada cara lain agar kita dapat membatasi hal itu, yakni dengan berhenti sejenak dan meninggalkan sosial media. Dengan begitu, kita tidak akan terus merasa terganggu dengan banyaknya berita yang beredar.

3. Terapkan Protokol Kesehatan

Penerapan protokol kesehatan adalah kunci utama keselamatan selama pandemi ini berlangsung. Ketika protokol kesehatan sudah diterapkan kita tidak akan lagi merasa cemas secara berlebihan dan akan lebih siap dalam menghadapi era new normal untuk hidup bebdampigan dengan virus yang cukup mematikan.

4. Hindari Rasa Lelah

Rasa lelah yang berlebihan tidak baik untuk menjaga kesehatan. Tubuh yang lelah akan mudah menurunkan system imun. Oleh karena itu tetap olahraga dan istirahat yang cukup.

5. Jaga Komunikasi dengan Orang Lain

Adanya pandemi membuat kita jauh dari sanak keluarga. Pertemuan dibatasi untuk menjaga diri. Tentu ada rasa khawatir apalagi jika mendengar ada keluarga yang sakit di masa pandemi seperti ini.Oleh karena itu tetap saling berkomunikasi, menguatkan satu sama lain sampai nanti melepas rindu kala pandemi covid berakhir.

6. APPLE

 Acknowledge (akui) : Perhatikan dan akui ketidakpastian yang muncul.
 Pause (jeda) : Ambil napas panjang dang keluakan. Jangan bereaksi selain teknik relaksasi.
 Pull Back : Katakan bahwa kekhawatiran saat ini tidak diperlukan dan tidak membantu sama sekali.
 Let go : Lepaskan pikiran atau perasaan yang memberatkan
 Explore : perhatikan kondisi saat ini, bahwa keadaan diri anda masih baik-baik saja.

Pin It
Hits 511