INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

BAHAYA PONSEL DI BAWAH BANTAL SAAT TIDUR

  • By
  • In Lihat
  • Posted 30 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Mungkin di era sekarang ini kita tidak asing lagi dengan yang namanya ponsel atau yang biasa disebut anak-anak jaman sekarang dengan sebutan gadget. Ponsel atau gadget adalah sebuah alat elektronik yang bisa digunakan untuk melkukan berbagai hal secara online, baik itu dalam hal mencari sebuah informasi atau bahkan bersosialisasi dengan teman-teman terdekat kita. Di masa pandemi seperti ini semua kegiatan luring atau offline banyak yang dikurangi, seperti bersekolah, kuliah, kerja, dll. Kemudian kegiatan-kegiatan tersebut dijalankan melalui during atau online, yang mana mereka yang menjalani semua kegiatan tersebut harus memiliki gadget untuk dapat mengakses informasi terbaru dengan cepat dari instansi mereka masing-masing. Di sini mungkin kita juga mengalami hal tersebut, di mana kita harus selalu mencari informasi-informasi terbaru melalui ponsel dengan cepat yang sampai membuat kita lupa akan waktu. Bahkan ketika hendak beristirahat atau tidur, kita sampai menaruh ponsel di bawah bantal kita agar kita tidak ketinggalan informasi terbaru. Padahal, ponsel memiliki pengaruh negatif untuk tubuh kita yakni adanya radiasi.

Ponsel yang kita letakkan di bawah bantal kita di saat tidur ternyata dapat menyebabkan gangguan tidur atau yang biasa kita sebut dengan istilah insomnia. Mungkin dengan adanya banyak notifikasi yang masuk kedalam ponsel, itu membuat kita berasumsi untuk terus membukanya, karena kita takut jika nantinya itu adalah informasi yang penting dan jika tidak lekas membukanya kita akan tertinggal informasi tersebut. Selain faktor psikologi ternyata ponsel juga memiliki radiasi yang dapat membuat gangguan produksi hormon melatonin tubuh sehingga kita tidak bisa tidur dengan nyenyak. Kemudian radiasi tersebut juga dapat membuat sel otak kita mengalami kerusakan, sehingga jika hal ini di biarkan, otak kita bisa mengalami alzheimer sejak dini, authisme, atau bahkan tumor otak. Pengaruh lain yang terjadi jika ponsel kita dekat dengan tubuh adalah kesuburan dan kesehatan kehamilan.

Hormon-hormon yang berfungsi memproduksi sel sperma dalam tubuh akan terganngu sehingga kualitas dan jumlah sperma pun akan menurun. Organ tubuh layaknya otak juga terganggu sehingga bisa memicu keguguran.

Dengan kita mengetahui risiko-risiko yang di timbulkan akibat kita menaruh ponsel di bawah bantal ketika sedang tidur atau beristirahat, seharusnya kita sadar dan berupaya untuk meninggalkan kebiasaan kita tersebut. Mungkin ketika hendak tidur kita bisa menaruh ponsel kita di meja belajar, almari, kursi dsb. Agar kita bisa terhindar dari risiko berbahaya yang ditimbulkan oleh radiasi ponsel dan tidur kita pun bisa lebih nyenyak lagi.

Penulis : Aslihatul Mahmudah (Mahasiswa Universitas Airlangga)

Referensi : https://doktersehat.com/bahaya-tidur-dengan-ponsel-di-bawah-bantal/ (diakses pada tanggal 14 oktober 2020)

Pin It
Hits 996