INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Mencuci Tangan Mencegah Penyebaran COVID-19

  • By
  • In Lihat
  • Posted 30 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 735

Wabah Virus Corona yang sedang marak terjadi di seluruh dunia membuat semua orang khawatir. Hal ini disebabkan oleh cepatnya penularan yang dilakukan oleh virus ini, sehingga berbagai gerakan muncul untuk menangkal virus ini. Salah satunya gerakan mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik yang di cetuskan oleh para milenial Indonesia. Mulai dari influencer, Kapolri, hingga pemerintah menggalakan gerakan mencuci tangan secara konstan.

Cuci tangan selama 20 detik menggunakan sabun diyakini menjadi cara ampuh untuk menghindari penyebaran virus Corona, karena tangan menjadi salah satu media penyebaran dari virus ini. Para influencer mengenalkan cara mudah memperhitungkan durasi mencuci tangan dengan nyanyikan lagu 'Selamat Ulang Tahun' sebanyak dua kali.

Juru bicara pemerintah juga menjelaskan bahwa mencuci tangan menggunakan sabun lebih efektif daripada hand sanitizer karena dengan mencuci tangan menggunakan sabun, seluruh celah di tangan bisa dibasuh. Membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer memang bersih. Namun, tetap saja tidak sebersih saat mencuci tangan menggunakan sabun.

Cuci tangan juga diwajibkan sebelum dan sesudah menyiapkan makanan, terutama sebelum dan secepatnya setelah memegang daging mentah, ayam atau ikan. Mencuci tangan juga menjadi sangat penting sebelum makan, setelah menyentuh hidung, setelah batuk atau bersin ke tangan, sebelum atau setelah menangani luka atau sayatan, sebelum atau sesudah menyentuh orang sakit atau terluka.

Oleh karena itu, mulai sekarang biasakan diri untuk mencuci tangan secara konstan dengan minimal waktu 20 detik, atau lebih mudah dengan menyanyikan lagu “selamat ulang tahun” sebanyak 2 kali. Bila tidak terdapat sabun dan air mengalir, dapat menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60%. Ajak juga keluarga untuk selalu mencaga kebersihan diri demi mencegah penyebaran virus Corona yang terus meluas.

 

Pin It
Hits 1732