INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

POLA HIDUP SEHAT PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • By
  • In Lihat
  • Posted 30 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Pola hidup sehat adalah gaya hidup yang memperhatikan segala aspek kondisi kesehatan. Mulai dari makanan, minuman, nutrisi yang dikonsumsi dan perilaku kita sehari- hari. Baik itu dalam sebuah rutinitas olahraga yang tentu akan menjaga kondsi kesehatan dan juga akan menghindarkan kita dari penyakit. Tujuan pola hidup sehat adalah untuk menjaga tubuh agar tidak mudah sakit, dan juga bisa menjaga kesehatan mental agar tidak mudah depresi ataupun stress.

Dengan adanya pandemic saat ini membuat kita terpaksa untuk membatasi aktivitas di luar rumah. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk mengurangi penyebaran covid-19 di Indonesia, salah satunya adalah dengan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau yang lebih dikenal dengan PSBB. Pada masa pandemic covic-19 seperti ini, pola hidup sehat tentunya akan sangat membantu kita untuk menjaga daya tahan tubuh. Saat ini Indonesia tengah menerapkan kehidupan new normal atau perubahan pola hidup pada masa pandemic covid-19. Perubahan pola hidup ini diharapkan mampu mengurangi penyebaran covid dan juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh masyarakat agar tidak mudah terserang penyakit.

Pola hidup yang diterapkan pada masa pandemic diantaranya adalah:
- Pastikan anda dalam kondisi sehat saat akan pergi keluar rumah. Hal ini perlu dilakukan karena jika kita keluar rumah dalam keadaan kurang sehat, maka virus akan mudah masuk ke dalam tubuh dan membuat kita jatuh sakit.
- Selalu gunakan masker. Menggunakan masker akan mengurangi penyebaran virus melalui udara.
- Bawa hand sanitizer. Setelah kita berjabat tangan atau menyentuh barang-barang yang ada di tempat umum, kita dianjurkan untuk memakai hand sanitizer agar virus yang menempel pada benda-benda tersebut tidak menginfeksi kita.
- Selalu jaga jarak dengan orang lain, minimal 1 meter. Dengan menjaga jarak, kita akan meminimalisir kontak fisik dengan orang lain, sehingga tidak terjadi penularan virus dari satu orang ke orang lainnya.
- Saat memasuki tempat umum, usahakan untuk cuci tangan terlebih dahulu
- Gunakan siku saat membuka pintu dan menekan tombol lift
- Saat tiba di rumah, usahakan segera mandi dan mencuci pakaian untuk menghindari penyebaran virus yang telah kita bawa dari luar rumah.
- Konsumsi makanan yang bergizi
- Tetap berolahraga. Meskipun sedang pandemic, kita masih tetap berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh. Kita tida pelu keluar rumah untuk berolahraga, cukup lakukan olahraga ringan di rumah seperti push up, sit up, dan lain-lain.
- Jaga kebersihan lingkungan. Jika lingkungan kita bersih, kita akan merasa nyaman untuk menempatinya. Selain itu, lingkungan yang bersih akan menghindarkan kita dari penyakit.
- Beristirahat yang cukup. Hal ini dilakukan untuk mengembalikan stamina tubuh. Setelah kita beraktivitas di luar rumah, tubuh perlu istirahat yang cukup agar mampu beraktivitas kembali.

Sumber Referensi :
https://www.dosenpendidikan.co.id/pola-hidup-sehat/ (diakses pada 15 Oktober 2020)
https://cfns.ugm.ac.id/2020/05/28/pola-hidup-bersih-dan-sehat-di-masa-pandemi- covid-19/ (diakses pada 15 Oktober 2020)

Pin It
Hits 36681