INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Hubungan Antara Kebersihan, Agama dan Covid-19

  • By
  • In Lihat
  • Posted 30 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 738

Sejatinya agama islam adalah agama yang amat memperhatikan kebersihan, baik kebersihan badan maupun kebersihan lingkungan. Selain menganjurkan untuk bersih diri islam juga memerintahkan umatnya untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. Kebersihan sendiri merupakan bagian dari rukun iman dalam agama islam, ini berarti menandakan bahwa agam islam sangat menyukai kebersihan. Karena dasar kebersihan sebagian dari iman lah setiap muslim diwajibkan untuk selalu menjaga kebersihan.

Menjaga kebersihan memiliki banyak manfaat antara lain terhindar dari penyakit yang disebabkan lingkungan yang tidak sehat, lingkungan menjadi lebih sejuk, bebas dari polusi udara, air menjadi lebih bersih dan aman untuk di minum, lebih tenang dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Apalagi dimasa pandemi seperti sekarang ini, menjaga kebersihan diri sangat diperlukan agar kita terhindar dari penyakit. Memulai menjaga kebersihan diri dapat dilakukan dengan cara mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer. Salah satu manfaat mencuci tangan yaitu agar bersih dari kotoran dan membunuh kuman penyebab penyakit yang bisa merugikan diri kita. Tidak hanya menjaga kebersihan diri, menjaga kebersihan lingkungan sekitar juga penting untuk mengindari virus covid ini. Dimulai dengan selalu menyapu rumah dan mengepelnya menggunakan karbol agar bakteri dan virus-virus yang tinggal dirumah mati.

Selain itu lingkungan sehat berkaitan dengan kesehatan mental. Lingkungan yang sehat memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan mental seseorang. Udara yang bersih, air yang bersih, banyaknya ruang hijau dan sanitasi dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Meningkatkan kualitas hidup tentu akan membuat seseorang terhindar dari kesehatan mental. Lingkungan sehat lebih nyaman untuk ditinggali dan menetap dalam waktu lama. Tidak hanya itu, orang lain pun tidak akan enggan untuk berkunjung. Mereka menilai lingkungan kamu begitu asri dan rapi, serta nyaman untuk ditinggali. Itulah pentingnya menjaga lingkungan agar tetap bersih dan asri. Ingat, lingkungan yang bersih turut mendukung kesehatan tubuh dengan baik.

Penulis: Amilia Permata Kusumaningarum

Pin It
Hits 3242