INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Amankah Berenang Saat Pandemi Covid-19 ?

  • By
  • In Lihat
  • Posted 30 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Renang, olahraga air satu ini diminati oleh banyak orang. Entah berenang di alam bebas ataupun berenang di kolam renang. Saat melakukan olahraga satu ini, tidak menutup kemungkinan adanya interaksi antara perenang. Di sisi lain saat ini dunia tengah dilanda pandemi covid-19, yang memaksa semua orang untuk berperilaku hidup bersih dan sehat, memakai masker, menghindari berkerumun, serta mengurangi kontak dengan orang lain. Lantas bagaimana dengan aktifitas berenang? Amankah berenang saat pandemi covid-19 seperti ini? Simak penjelasan berikut ini.

Mungkin bagi sebagian orang yang memiliki kolam renang pribadi, hal ini tidak perlu diambil pusing. Namun, bagaimana dengan orang-orang yang berenang di kolam renang umum? Mungkin sebagian dari mereka merasa khawatir akan tertular virus covid-19 saat berenang. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), belum ada laporan dan penelitian yang membuktikan bahwa air kolam renang dapat menjadi media penyebaran covid-19. Hal ini dikarenakan zat desinfektan pada air kolam, seperti klorin dan bromin, dapat membunuh berbagai jenis mikroorganisme, seperti bakteri dan virus. Hal inilah yang mungkin menjadi alasan mengapa penularan virus covid-19 melalui air kolam renang sangat kecil dibandingkan lewat udara.

Walaupun berenang saat pandemi covid-19 memang diperbolehkan dan tergolong aman. Namun, risiko penularan virus tetap ada, terutama jika kamu berenang di kolam renang atau pantai yang ramai. Tentunya saat berada di kerumunan akan lebih sulit untuk menjaga jarak dengan orang lain. Ditambah lagi, saat berenang tentu saja tidak bisa memakai masker. Hal ini dapat memungkinkan kamu menghirup percikan air liur ketika orang lain sedang berbicara, bersin, atau batuk. Nah, disinilah penularan penyakit covid-19 bisa terjadi. Nah, berikut ini adalah beberapa tips aman berenang saat pandemi covid-19 yang harus ditaati oleh pengunjung kolam renang yakni sebisa mungkin hindari berenang di kolam renang umum yang ramai, sebisa mungkin terapkan physical distancing dengan pengunjung kolam yang lain, selalu gunakan masker ketika tidak berada di dalam kolam, hindari berbagi penggunaan barang pribadi dengan orang lain, seperti kacamata renang, handuk, kickboard, peralatan mandi, atau penutup hidung, serta semprotkan disinfektan pada perlengkapan renang yang digunakan setelah selesai berenang, kemudian langsung mandi dan berganti pakaian dengan baju yang bersih.

Agar aktivitas berenang bisa aman, selain pengunjung, pemilik dan pengelola kolam umum juga wajib menaati beberapa aturan untuk meminimalkan penularan covid-19, baik di area kolam maupun di ruang ganti, beberapa aturannya antara lain memastikan kebersihan kolam renang selalu terjaga, memastikan staf kolam renang memakai masker dan selalu menjaga jaga jarak, membatasi jumlah pengunjung kolam renang agar tidak terjadi kerumunan, memisahkan akses masuk dan keluar kolam renang, melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh area kolam renang secara rutin, menyediakan sarana cuci tangan dan hand sanitizer di beberapa tempat di area kolam renang, serta memperbanyak ventilasi udara di ruang ganti dan area kolam, jika kolam tersebut berada di dalam ruangan.

Nah, itu tadi penjelasan terkait seberapa aman berenang saat pandemi serta tips aman berenang saat pandemi. Jangan lupa untuk menerapkan protokol kesehatan di manapun berada. Bila merasa kesulitan untuk menerapkannya, jangan memaksakan diri. Karena masih ada banyak pilihan olahraga lain yang bisa dilakukan, misalnya yoga, senam aerobik, pilates, jalan santai, atau bersepeda. Namun, pastikan tetap menerapkan protokol kesehatan ketika berolahraga, ya. Semoga bermanfaat.

Sumber: https://www.alodokter.com/berenang-saat-pandemi-covid-19-amankah

Penulis: Galih Indhiantoro
Editor : Titis Nurmalita Dianti

Pin It
Hits 632