INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Menjaga Imunitas Saat Pandemi COVID-19

  • By
  • In Lihat
  • Posted 30 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 735

Tahun 2020 menjadi tahun yang amat berat bagi kebanyakan orang di dunia. Karena hampir satu tahun kegiatan sehari-hari hanya dilakukan di rumah, jarang sekali menghabiskan kegiatan di luar rumah kecuali kegiatan yang dilakukan teramat sangat penting. Tentu saja akar masalahnya adalah pandemi COVID-19. COVID-19 atau Coronavirus Disease adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus-2 (SARS-CoV-2). Virus ini menyerang sistem pernafasan, dan dapat ditularkan melalui droplet yang keluar saat batuk maupun bersin. Penularannya sangat cepat dan gejala yang timbul pada tiap penderita berbeda. Oleh karena itu, selalu gunakan masker saat keluar rumah dan hindari tempat keramaian.

Selain melindungi diri dengan penggunaan masker dan menghindari keramaian, meningkatkan imunitas tubuh di masa pandemi juga sangat penting. Jika sistem imun baik, maka untuk resiko tertularnya COVID-19 ini menjadi lebih rendah. Berikut ini adalah hal-hal yang dapat meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh, yaitu

1. Mengonsumsi Makanan Bergizi Seimbang
2. Cuci Tangan Menggunakan Sabun dan Air Mengalir
3. Istirahat yang Cukup
4. Hindari Konsumsi Alkohol dan Rokok
5. Rutin Melakukan Aktivitas Fisik
6. Kendalikan Pikiran dan Emosi
7. Konsumsi Suplemen Multivitamin Jika Diperlukan

Perlu diperhatikan bahwa makanan yang kita konsumsi diolah dengan benar dan terjaga kebersihannya selama proses pengolahan dan penyajian. Jangan lupa cukupi kebutuhan air mineral agar tubuh tidak dehidrasi. Perhatikan juga perbandingan porsi antara karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral pada makanan yang dikonsumsi. Selain itu, perbanyak konsumsi sayur dan buah. Kecukupan gizi terutama vitamin dan mineral sangat diperlukan oleh tubuh untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh yang optimal. Vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan berperan sebagai antioksidan dalam tubuh yang membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Salah satu vitamin yang sangat mudah ditemukan dalam buah-buahan adalah vitamin C. Kekurangan vitamin C dikaitkan dengan meningkatnya kerentanan terhadap infeksi, dan respon imun yang kurang kuat. Orang yang kekurangan vitamin C pun dipercaya lebih berisiko terkena COVID-19 karena kekebalan tubuhnya menurun. Oleh karena itu, perbanyak konsumsi buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk, mangga, jambu, melon, dan beri- berian.

Mencuci tangan yang baik adalah selama 40-60 detik menggunakan sabun dan air mengalir. Cuci tangan dilakukan setelah melakukan kegiatan seperti sebelum menyiapkan makanan dan minuman, setelah buang air besar atau kecil, setelah batuk atau bersin, atau setelah melakukan aktivitas di luar rumah.

Berolahraga dapat meningkatkan imunitas tubuh dan sistem metabolisme. Jika dilakukan secara teratur dapat meningkatkan produksi antibodi, mengeluarkan racun dari tubuh, meningkatkan kebugaran, dan mempertahankan berat ideal. Berusahalah bergerak agar tubuh dalam kondisi prima, contohnya seperti berjalan kaki atau jogging di sekitar rumah, membersihkan rumah, berkebun atau aktivitas fisik lainnya yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Lakukanlah aktivitas fisik sekurang-kurangnya 30 menit secara rutin dalam 3-5 kali dalam seminggu. Jika tidak bisa, lakukanlah olahraga setidaknya sekali dalam seminggu.

Rutin berolahraga, istirahat yang cukup, mengurangi konsumsi alkohol dan rokok, mengurangi waktu mendengarkan berita perkembangan COVID-19, menjaga stabilitas pikiran dan emosi, serta tetap menjalin silaturahmi dengan teman atau orang sekitar secara online dapat menurunkan hormon stress dan memberi kekuatan tambahan pada sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh lebih kuat.

 

Pin It
Hits 1520