INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Bawang Putih, Bumbu Dapur Kaya Manfaat

  • By
  • In Lihat
  • Posted 30 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 735

Siapa di sini yang belum pernah melihat bawang putih? Jangankan melihat, tentu kita sudah tidak asing lagi dengan rempah yang satu ini sebab ia selalu menjadi penambah cita rasa hampir di semua masakan. Tanaman dari genus Allium yang memiliki nama latin Allium sativum ini berasal dari Asia Tengah, diantaranya Cina dan Jepang yang beriklim subtropik.

Dari sini ia menyebar ke seluruh Asia, Eropa, dan akhirnya ke seluruh dunia. Penggunaan bawang putih oleh manusia telah dipakai selama lebih dari 7.000 tahun. Tak heran bahwa bawang putih menjadi rempah utama dalam berbagai masakan.

Selain menjadi bintang dalam menambah cita rasa, bawang putih juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan yang telah diketahui dari sejak dahulu kala. Manfaat dari bawang putih, antara lain meredakan infeksi, radang, dan pilek. Bawang putih mengandung Aliicin yang dipercaya ampuh membunuh organisme penyebab penyakit. Aliicin juga dikenal sebagai senyawa yang mampu sebagai antimikroba, antijamur, dan antivirus.

Selanjutnya, bawang putih dikenal sebagai antikanker dan membuat sel kanker menjadi lebih sukar untuk berkembang. Atas dasar penelitian, diketahui bahwa di dalam bawang putih terdapat senyawa sulfur bioaktif bernama Allyl Sulfide yang dapat memperbaiki DNA yang rusak, mencegah kanker terutama kanker paru, dan menghambat penyebaran sel tidak sehat. Bawang putih terbukti mampu mengontrol tekanan darah bagi penderita hipertensi karena kandungan polisulfida yang dimilikinya. Berdasar pada sebuah jurnal ilmiah Maturitas, polisulfida bekerja dalam membantu mempelebar atau membuka pembuluh darah sehingga tidak terjadi tekanan yang terlalu besar.

Masih banyak lagi manfaat dari bawang putih dalam kesehatan, antara lain mencegah penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol, menambah stamina tubuh, mengatur kadar gula dalam darah, dapat mengaktifkan enzim pembuang racun dalam tubuh, serta meningkatkan kualitas gigi dan tulang. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi bawang putih secara rutin dengan jumlah sesuai dengan kebutuhan tubuh sehingga kita bisa mendapat sehat yang kita inginkan tanpa harus memperoleh efek samping akibat konsumsi yang berlebihan.

 

Pin It
Hits 1202