INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

CTPS STOP VIRUS!!!

  • By
  • In Lihat
  • Posted 30 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 735

Virus merupakan hewan yang paling kecil di muka bumi ini. Ukurannya bisa mencapai 20 nanometer. Virus merupakan salah satu hewan atau bakteri yang memiliki pengaruh besar bagi manusia ataupun makhluk hidup lain. Seekor virus bisa membuat makhluk hidup yang dihinggapinya mengalami sakit kronis atau bahkan sampai meninggal dunia. Virus bisa berkembang biak dengan sangat cepat, tapi mereka akan berkembang biak hanya jika berada atau menempel di makhluk hidup lainnya atau bisa disebut inangnya.

Virus berbahaya jika menempel pada tubuh manusia, akan berdampak sangat besar bagi kesehatan tubuh kita. Penyebaran virus bisa melalui kontak langsung dengan virus saat kita memegang sesuatu, bersalaman, dan lainnya. Virus juga bisa menular dari air liur, dahak, ingus, atau cairan apapun yang keluar dari tubuh si penderita. Cara mengatasi pencegahan atau penularan virus adalah dengan CTPS atau cuci tangan pakai sabun. Kenapa harus pakai sabun? Mencuci tangan pakai sabun adalah cara yang paling ampuh untuk menghilangkan virus yang ada di tangan kita. Mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir mampu membuat virus yang ada di tangan kita akan mati ketika terkena sabun dan akan menghilang terbawa aliran air yang mengalir ditangan. Mematikan virus di tangan menggunakan cairan hand sanitizer berakhohol 70% atau lebih, menggunakan tisu basah, gel, atau krim yang mengandung alkohol juga mampu membunuh kuman atau virus. Namun akan lebih efektif jika membunuh virus dengan mencuci tangan dengan sabun. Segala jenis sabun dapat digunakan untuk mencuci tangan, baik itu sabun mandi, sabun biasa, sabun cair, ataupun sabun antiseptik. Cara menccuci tangan dengan benar yaitu dengan membilas telapak tangan menggunakan air yang mengalir, kemudian meratakan sabun ke telapak tangan, punggung tangan, sela-sela jari, ibu jari kiri dan kanan, dan ujung-ujung jari kemudian dibilas dengan air yang mengalir. Usahakan melakukan cuci tangan selama lebih dari 20 detik, karena untuk memastikan bahwa virus yang ada ditelapak tangan benar-benar mati.

Tentu saja, tidak semua tempat menyediakan tempat cuci tangan. Oleh karena itu, membawa hand sanitizer, tisu basah, gel, ataupun krim yang mengandung alkohol minimal 70% sangat dianjurkan. Sering-seringlah melakukan cuci tangan mekakai sabun, karena kita tidak akan tahu kapan dan sesering apa kita memegang benda yang terdapat virus, terutama setelah memegang ganggang pintu, pegangan saat di transportasi umum atau lainnya yang disediakan untuk umum. Tetap jaga kesehatan, dan putus rantai virus yang berbahaya.

Referensi :

https://www.diskes.baliprov.go.id/ayo-kita-lakukan-cuci-tangan-pakai-sabun-ctps-sebagai- salah-satu-upaya-pencegahan-covid19/

 

Pin It
Hits 766