INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

MALAS CUCI TANGAN BERAKIBAT KERUSAKAN LINGKUNGAN

  • By
  • In Lihat
  • Posted 30 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 735

Setiap tanggal 15 Oktober diperingati hari mencuci tangan sedunia. Tujuan diperingatinya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap peran pentingnya cuci tangan sebagai cara menjaga kebersihan dan menigkatkan kualitas kesehatan tiap orang.

Kesadaran masyarakat terhadap pentingnya cuci tangan semakin menurun dan sering mengabaikan kebiasaan cuci tangan karena dianggap ribet dan tidak penting serta tidak higienis. Masyarakat terbiasa cuci tangan ketika tangan tampak kotor sekali seperti setelah mengambil sampah itu menyebabkan datangnya penyakit. Contoh pada saat di tempat umum, sebagian orang makan menggunakan tangan mereka yang dibungkusi plastik karena apabila ada sisa makanan di tangan mereka malas mencuci tangan. Masyarakat pun kurang mengetahui faktanya bahwa di plastik terdapat kuman yang menempel dan bersamaan akan masuk ke tubuh melalui makan yang mereka suap yang akan berbahaya untuk kesehatan. Selain dari kesehatan, penggunaan plastik juga dapat merusak lingkungan sekitar. Padahal masyarakat mengetahui bahwa sampah plastik sulit terurainya tetapi nyatanya tetap saja digunakan untuk hal-hal yang tidak penting bahkan dengan mudahnya sering membuang plastik sembarangan.

Saat Covid-19 inilah salah satu cara agar masyarakat meningkatkan kesadaran dirinya tentang pentingnya cuci tangan tanpa menunggu tangan terlihat kotor sekali karena kuman yang ada di tangan kita tidak terlihat jelas jadi kita tidak tahu ada tidaknya keberadaan kuman.

Saat Covid-19 juga tidak ada alasan kita untuk malas mencuci tangan karena di tempat umum pasti sudah disediakan tempat cuci tangan yaitu kran dengan air mengalir dan sabun pembersih.

Dengan adanya Covid-19 membuat masyarakat menjaga kesehatan dirinya dengan sering mencuci tangan dan membawa hand sanitizer jika berpergian ke tempat kerumunan banyak orang. Oleh karena itu, melalui peringatan hari mencuci tangan sedunia ini kita sendiri berinisiatif untuk membuang kebiasaan buruk ketika makan menggunakan tangan dibungkus plastik dengan tujuan agar tangan tidak kotor demi kesehatan tubuh kita dan keselamatan lingkungan sekitar kita.

 

Pin It
Hits 1264