INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Manfaat Makan Buah dan Sayur Saat Pandemi

  • By
  • In Lihat
  • Posted 30 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 735

Pada saat pandemi seperti ini kita dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi agar dapat memperkuat imun tubuh dalam menghadapi virus covid-19. Baiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan E. Karena Vitamin E (tokoferol) bertindak sebagai antioksidan dengan memutuskan berbagai reaksi rantai radikal bebas sebagai akibat kemampuannya untuk memindahkan hydrogen fenolat kepada radikal bebas perksil dari asam lemak tak jenuh ganda yang telah mengalami peroksidasi . Radikal bebas fenoksi yang terbentuk kemudian bereaksi dengan radikal bebas peroksil selanjutnya. Sedangkan Vitamin C memiliki peranan penting dalam perbaikan jaringan tubuh dan proses metabolisme tubuh melalui reaksi oksidasi dan reduksi. Vitamin C juga berperan sebagai antioksidan, mempercepat penyembuhan luka, proses hidroksilasi hormon koteks adrenal, pembentukan kolagen dan menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang kuat yang dapat melindungi sel dari agen-agen penyebab kanker, dan secara khusus mampu meningkatkan daya serap tubuh atas kalsium (mineral untuk pertumbuhan gigi dan tulang) serta zat besi dari bahan makanan lain. Selain itu, fungsi dari Vitamin C juga untuk membentuk kolagen, sintesis hormon, system imun, antioksidan, penyerapan zat besi, dan vitamin A.

Sayur dan Buah adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk memenuhi kebutuhan serat, vitamin, mineral dan beberapa enzim yang bermanfaat untuk fungsi pencernaan, kardiovaskuler dan mencegah Diabetes Mellitus. Sayur dan buah memberi kontribusi terhadap pemenuhan zat gizi yang penting bagi tubuh manusia.Mengonsumsi sayur dan buah dapat menurunkan risiko penyakit kronis dan juga dapat membantu mengatur berat badan.Banyak negara yang telah mengadopsi rekomendasi dari WHO untuk mengonsumsi 400 g sayur dan buah.Dietary Guidelines merekomendasikan untuk mengonsumsi 5 porsi sayur dan buah setiap harinya (Agudo, 2005).

Buah dan sayur merupakan bahan pangan yang sangat memberi manfaat bagi tubuh. Tarutama untuk mendukung kebutuhan akan vitamin. Vitamin merupakan kelompok senyawa organik yang tidak termasuk dalam golongan protein, karbohidrat maupun lemak. (Moch, agus Krisno Budiyono. 2004:51). Buah sendiri memiliki maanfaat yaitu dapat berguna bagi tubuh Anda untuk membantu menurunkan asupan kalori, mengurangi risiko penyakit jantung, termasuk serangan jantung dan stroke, melindungi dari jenis kanker tertentu, membantu Anda meningkatkan asupan serat dan kalium yang dapat bermanfaat bagi pencernaan, menurunkan tekanan darah dan juga kolesterol, mencegah terjadinya obesitas, memberikan efek positif pada organ tubuh karena asupan nutrisi yang meningkat.

Oleh karena itu, pada masa pandemi sekarang ini kita harus sering mengkonsumsi buah dan sayur untuk memenuhi asupan nutrisi dan juga menjaga imunitas tubuh. Manfaat mengkonsumsi sayur dan buah sangatlah banyak. Jadi, kita termasuk orang-orang yang merugi jika tidak memakan buah dan sayur.

 

Pin It
Hits 6521