INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Pandemi COVID-19 tak Henti-henti

  • By Alina Ramadani
  • In Lihat
  • Posted 30 March 2021

Di dunia saat ini maupun Indonesia masih mengalami pandemi COVID-19 yangtak kunjung berhenti, bahkan terus berlanjut. Virus Corona yang ditemukandi Wuhan, Cina pada bulan Desember 2019 lalu diberi nama SARS-COV2 (Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2). Virus ini yang menyebabkan penyakit COVID-19 (Coronavirus Disease-2019).

Gejala COVID-19 yang paling umum terjadi adalah demam, batuk-batuk, danmerasa kelelahan. Gejala lainnya juga timbul yang mungkin dialami oleh beberapapasien penderita COVID-19 seperti rasa nyeri dan sakit, hidung tersumbat, sakit kepala, sakit tenggorokan, hingga kehilangan indera penciuman dan perasa. Orangdapat tertular COVID-19 dari orang lain yang terinfeksi virus itu sendiri. COVID-19 menyebar melalui percikan dari mulut ataupun hidung dari penderita/ orang yang terinfeksi COVID-19 baik saat berbicara, batuk maupun bersin-bersin. Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk dianjurkan menjaga jarak minimal 1 meter dari orang-orang. Percikan-percikan baik dari batuk, bersin, maupun pembicaraan dapat menempel di benda yang ada di sekitar kita seperti gagang pintu, pegangan padatangga, dan lain-lainnya.

Orang yang berada di sekitarnya dapat terinfeksi melalui sentuhan padabenda-benda tersebut dan tanpa sadar mereka pun menyentuh anggota tubuh lain seperti mata, hidung, maupun mulut yang menyebabkan penularan terjadi semakin cepat. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mencuci tangan secara rutin dan teratur dengan sabun dan air bersih ataupun bisa menggunakan cairan antiseptik seperti handsanitizer yang kini telah diperjualkan dimana-mana.

Bila telah berkontak erat dengan seseorang yang terinfeksi COVID-19, kemungkinan akan terinfeksi juga. Meskipun tidak menyadari kalau telah terpapar COVID-19 dan mengalami gejala-gejala, lebih baik melakukan isolasi mandiri di rumah dan tetap pantau terus kesehatan diri kita. Selain itu, kita harus melakukan istirahat yang cukup, makan makanan yang bergizi, perbanyak minum air putih, dan untuk sementara waktu menghindari kegiatan yang bersifat ramai/ mengumpulkan orang banyak serta bila ingin aktivitas keluar rumah usahakan memakai masker dan face shield agar lebih aman dari paparan, percikan dari batuk maupun bersin orang-orang yang di sekitar.

Dengan melakukan hal-hal sederhana seperti yang dijelaskan diatas, kita turut serta membantu pemerintah, tenaga medis dalam menangani kasus COVID-19 yang berkepanjangan. Oleh karena itu, perlu kesadaran masing-masing individu agar pandemi COVID-19 cepat berlalu, sehingga tidak banyak nyawa yang melayang akibat COVID-19 yang merajalela ini. Satu per satu tenaga medis pun juga terkena dampaknya karena mengurus banyaknya pasien COVID-19 yang hampir tiap hari adadan tak kunjung berhenti. Padahal tenaga medis seperti dokter, perawat, merekalah pahlawan kita di bidang kesehatan. Bila para tenaga medis pun ikut menjadi korban akibat mengurus COVID-19 lantas siapakah lagi yang akan mengurusnya. Hal ini tentu dapat menggugah seluruh masyarakat, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia untuk saling bekerja sama dengan tetap mentaati protokol kesehatan yang telah ada sehingga tatanan hidup yang sehat kembali dan pandemi COVID-19 yang tiadahentinya menjadi cepat berlalu dan berhenti.

Penulis : Ganar Shindu Yolanda

Pin It
Hits 741