INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

PANDEMI CORONAVIRUS YANG SEMAKIN MERAJALELA

  • By Alina Ramadani
  • In Lihat
  • Posted 30 March 2021

Beberapa bulan terakhir ini, pasti semua negara yang ada di dunia sedang mengalami pandemic virus corona. Coronavirus ini merupakan jenis baru yang ditemukan pada manusia sejak kejadian luar biasa muncul di Wuhan Cina, pada Desember 2019, kemudian diberi nama Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-COV2), dan menyebabkan penyakit Coronavirus Disease-2019 (COVID-19). Penyebab adanya virus corona sampai saat ini pun belum diketahui, banyak para ilmuwan yang telah meneliti penyebab awal munculnya virus corona ini tapi tetap saja sampai saat ini pun belum juga menemukan hasil yang pasti, mereka hanya mengkira-kira penyebab awal munculnya virus corona ini.

Penularan dari coranavirus ini cukup cepat, diperkirakan terjadi melalui droplet ketika orang yang sudah terinfeksi coronavirus sedang bersin atau batuk. Penularan dari coronavirus mirip dengan penularan virus influenza. Selain dari droplet orang yang terinfeksi, penularan coronavirus ini juga bisa terjadi saat seseorang tersebut berkontak langsung dengan orang yang sedang terinfeksi coronavirus tersebut.

Gejala awal terinfeksi coronavirus bisa menyerupai dengan gejala flu, yaitu pilek, demam,batuk kering, pusing, dan juga sakit tenggorokan. Setelah itu, gejala tersebut dapat hilang atau sembuh, tapi kadang juga malah memberat. Hal tersebut ditandai dengan adanya batuk berdahak, mengalami demam tinggi, sesak nafas, bahkan sampai nyeri pada dada.gejala tersebut akan muncul saat tubuh mulai bereaksi melawan coronavirus.

Orang yang terinveksi coronavirus ini belum bisa diobati, tetapi tenaga medis sudah mengusahakan beberapa langkah ini agar bisa meredakan gejala dan mencegah penularan dari coronavirus ini, yaitu:

- Melakukan karantina mandiri di rumah atau bisa di rumah sakit

- Menganjurkan kepada penderita untuk melakukan isolasi

- Melakukan istirahan yang cukup

- Sering minum air putih dan Makan makanan yang bergizi

- Sering melakukan cuci tangan dengan sabun

- Memakai masker jika berada di luar rumah

- Menjaga jarak dengan orang-orang di sekitar

- Hindari kerumunan atau keramaian

- Hindari kontak langsung dengan orang yang terinfeksi

Walaupun pemerintah di banyak Negara sudah menerapkan Pshycal Distancing, menambahkan tenaga medis, serta memberikan banyak penyuluhan untuk mengurangi penyebaran coronavirus ini, kita sebagai warga Negara juga harus tetap berusaha semaksimal mungkin untuk bisa membuat diri kita tetap sehat agar bisa terhindar dari coronavirus ini.

Nah, itu tadi sedikit ulasan tentang coronavirus yang sekarang masih menjadi pandemic di banyak Negara, oleh karena itu kita harus bisa menjaga kesehatan agar terhindar dari bahaya coronavirus ini.

Penulis : Malikhatul Fauziyah

Pin It
Hits 1671