INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

PIKIRAN TENANG, STRES PUN HILANG

  • By
  • In Lihat
  • Posted 30 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 735

Sebagai seorang mahasiswa pastinya kita sering dilanda setres, pusing, dan hal-hal lainnya karena tugas yang menumpuk, terkejar deadline, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kita bisa melakukan beberapa hal sederhana yang bisa membantu agar diri kita terbebas dari stres. Langkah yang pertama, kita bisa melakukan beberapa rutinitas atau hal kompleks untuk membuat pikiran kita lebih rileks. Kita bisa menuangkannya melalui hobi yang kita miliki, misalnya menulis kreatif dengan cepat, menggambar sketsa dengan target tertentu, dan lain sebagainya. Langkah yang kedua adalah dengan berolahraga. Para ahli menyebutkan, orang yang rutin berolahraga memiliki risiko yang lebih kecil untuk mengalami kecemasan dalam pikiran karena olahraga dapat menurunkan kadar hormon kortisol yang menjadi hormon stres. Selain itu, olahraga dapat merangsang tubuh melepaskan endorfin, senyawa kimiawi yang membantu memperbaiki mood. Langkah yang ketiga, kita bisa menggunakan minyak aromaterapi. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa minyak aromaterapi dapat meringankan rasa cemas dan meningkatkan kualitas tidur. Langkah yang keempat, kita bisa juga mengikuti kelas yoga karena dapat memperbaiki mood, dan menurut penelitian sama efektinya dengan obat antidepresan untuk penanganan depresi.

Langkah yang sederhana selanjutnya adalah dengan mengusahakan untuk tidak menunda-nunda pekerjaan. Menurut beberapa sumber yang telah saya baca, menunda pekerjaan juga dikenal dengan istilah procrastinating dan ternyata merupakan pemicu stres dan pikiran yang terus bergejolak. Untuk mengatasi hal tersebut , secara rutin kita bisa membuat daftar pekerjaan yang harus diselesaikan berdasarkan prioritas. Kemudian, kita juga harus lebih pandai dalam menetukan deadline waktu yang sesuai dan mulailah untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan tersebut satu-persatu.

Itulah beberapa cara untuk mengontrol diri kita agar terhindar dari stres, jangan lupa juga untuk tetap menjaga pola makan agar tubuh tetap sehat dan imunitas tubuh kita semakin kuat sehingga tidak mudah sakit apabila pikiran kita sedang kacau. Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi teman-teman semuanya.

 

Pin It
Hits 840