INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Menjalankan Protokol Kesehatan Sesuai Yang Di Ajarkan Islam

  • By
  • In Lihat
  • Posted 30 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 735

Di masa pandemi covid-19 seperti saat ini, pemerintah menghimbau kita untuk mengurangi kegiatan - kegiatan yang berhubungan dengan di luar rumah, sebagai antisipasi penyebaran virus corona serta mengurangi bertambah nya jumlah pasien mengingat kasus jumlah pasien sudah mencapai ratusan, ribuan, bahkan sampai jutaan korban yang terserang sampai meninggal. Sehingga kita mau tidak mau harus meninggalkan kebiasaan kegiatan kita di luar rumah, seperti bekerja, berbelanja, bersosialisasi, bersekolah, bahkan beribadah yang kita sebut isolasi diri didalam rumah.

Nah, saat ini saya akan membahas tentang prtokol kesehatan

yang sesuai dengan yang gtelah diajarkan didalam agama islam? Sadar atau tidak kah kalian bahwa himbauan protokol kesehatan pemerintah itu sudah dicontoh kan sejak lama bahkan sejak di tahun kenabian?

Sadar atau tidak bahwa anjuran untuk tetap menjalankan pola hidup sehat serta berdiam diri dirumah sudah diajarkan oleh islam sejak lama. Tertera dalam hadis – hadis juga dalam ayat suci Al-Qur’an, bahkan wabah penyakit seperti saat ini juga sudah lama ada sejak tahun kenabian. Dalam suatu riwayat mengatakan “ Jika suatu kota / negara terkena wabah, maka jika kamu didalam nya menetaplah, jangan keluar dari negara tersebut. Dan jika kamu hendak mengunjunginya maka kembalilah, jangan masuk kedalam kota / negara tersebut “, kurang lebih seperti itulah bunyi dari suatu riwayat. Dalam hal itu kita bisa memahami bahwa wabah penyakit itu sudah ada dari dahulu bahkan jauh disaat tahun kenabian. Dan sudah dianjurkan untuk lebih baik berdiam diri dirumah dan membatasi interaksi sosial pada saat wabah penyakit sedang meraja lela. Selain hal tersebut, didalam islam juga diperintahkan untuk menjaga kesehatan tubuh dengan cara pola hidup sehat. Salah satunya yaitu dalam hal mencuci tangan. Kita dianjurkan untuk selalu mencuci tangan sebagai awalan dan akhiran kita dalam mengerjakan sesuatu.

Dari hal ini dapat disimpulkan bahwa menjaga kesehatan tubuh, menerapkan pola hidup sehat, dan membatasi interaksi sosial itu sangatlah penting bagi kita. Selain sebagai antisipasi penyebaran virus juga dalam hal – hal lain yang tidak diinginkan. Jadi jangan pernah beranggapan bahwa pemerintah hanya menyusahkan kita dengan menghimbau kita untuk mengurangi aktivitas diluaran rumah.

 

Pin It
Hits 2441