INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN MENTAL DI TENGAH PANDEMI

  • By
  • In Lihat
  • Posted 30 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 735

Coronavirus adalah virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia).

Virus ini menular melalui percikan dahak (droplet) dari saluran pernapasan, misalnya ketika berada di ruang tertutup yang ramai dengan sirkulasi udara yang kurang baik atau kontak langsung dengan droplet. Virus ini bisa menyerang siapa saja, seperti lansia (golongan usia lanjut), orang dewasa, anak-anak, dan bayi, termasuk ibu hamil dan ibu menyusui.

Selain kesehatan fisik, kesehatan mental juga merupakan hal yang serius serta perlu diperhatikan pada saat pandemik Covid-19 ini. Pemerintah sudah memberikan himbauan untuk mengurangi transmisi Covid-19 diantaranya social distancing, karantina, bekerja dari rumah dan sebagainya mengakibatkan perubahan besar pada kebiasaan rutin dan aktivitas sehari-hari pada masyarakat.

Sayangnya hal tersebut menyebabkan gangguan kesehatan mental serta psikis pada masyarakat seperti depresi, stress, insomnia, penggunaan obat-obatan dan lainnya sampai lebih buruknya sifat cemas dan curiga berlebihan kepada orang lain di sekitarnya yang sakit. Gangguan kesehatan mental yang terjadi selama pandemi dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti ketakutan terhadap wabah, rasa terasing selama menjalani karantina, kesedihan dan kesepian karena jauh dari keluarga atau orang yang dikasihi, kecemasan akan kebutuhan hidup sehari-hari, ditambah lagi kebingungan akibat informasi yang simpang siur.

Hal-hal tersebut tidak hanya berdampak pada orang yang telah memiliki masalah kesehatan mental, seperti depresi atau gangguan kecemasan umum, namun juga dapat memengaruhi orang yang sehat secara fisik dan mental. Beberapa kelompok yang rentan mengalami stres psikologis selama pandemi virus Corona adalah anak-anak, lansia, dan petugas medis.

Setidaknya berikut cara sederhana untuk bantu kamu jaga kesehatan mental di tengah pandemi Covid-19 ini.

1. Bijak Menyaring Informasi

Cara pertama untuk menjaga kesehatan mental di tengah pandemi Covid-19 ini adalah membatasi konsumsi terkait berita yang ada. Kamu bisa membatasi waktu membaca atau menonton yang tidak membuat kamu lebih baik. Memilih berita yang sudah tersebar luas dan tidak mudah percaya dengan berita yang ada adalah salah satu cara untuk menghindarkan kamu dari tekanan yang diciptakan oleh berita-berita yang ada.

2. Membatasi Penggunaan Sosial Media

Kamu bisa untuk memutuskan tidak aktif bersosial media terlebih dahulu. Hal ini bisa membuat kamu tidak terkontaminasi dari berita-berita yang tidak baik untuk kesehatan mental. Namun, hal ini sifatnya sementara karena kamu juga perlu memperbaharui berita yang ada. Pilihan yang bijak selama kamu non aktif dari media sosial adalah membaca buku, atau mencoba hobi-hobi yang selama ini belum sempat kamu jalani.

3. Menjaga Kebersihan Diri

Kemudian, cara lain yang bisa kamu terapkan untuk tetap bisa menjaga kesehatan mental adalah menjaga kebersihan dengan rutin mencuci tangan. Namun, juga jangan berlebihan ya. Pastikan saja jika sehabis menyentuh permukaan benda, kamu segera cuci tangan dengan sabun. Mencuci tangan dengan sabun adalah salah satu cara efektif untuk menekan infeksi virus corona. Jika kamu berada di luar rumah karena keadaan yang penting, pastikan kamu membawa hand sanitizer untuk tetap menjaga tangan kamu bersih ya.

4. Melalukan Physical Distancing

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya di atas kalau kamu dalam keadaan genting atau darurat mesti keluar rumah, pastikan kamu menerapkan physical distancing. Semisalnya kalau antre di minimarket, kamu mesti menjaga jarak dengan orang lain. Gunakan masker, dan berusaha tidak menyentuh bagian apapun yang ada di wajah sebelum memastikan kalau tangan kamu bersih.

5. Menjaga Kondisi Tubuh Tetap Vit

Kelelahan membuka peluang untuk tubuh kamu kehilangan daya tahan tubuh yang baik. Oleh karena itu, kamu terus mengonsumsi makanan bernutrisi serta mengonsumsi multivitamin yang mengandung vitamin c. Hal tersebut bisa membantu kamu jaga daya tahan tubuh agar terus optimal. Jika daya tahan tubuh kamu vit, kamu bisa terhindar dari paparan virus ini.

6. Menjaga Komunikasi dengan Keluarga dan Sahabat

Luangkan waktu untuk berkomunikasi dengan keluarga, sahabat, dan teman, baik melalui pesan singkat, telepon, atau video call. Kamu bisa menceritakan kekhawatiran dan kecemasan yang sedang kamu rasakan. Dengan cara ini, tekanan yang kamu rasakan dapat berkurang sehingga kamu bisa lebih tenang. Rasa takut dan cemas memang normal dirasakan selama masa pandemi seperti ini. Namun, cobalah untuk selalu berpikir positif dan bersyukur. Jika stres dan ketakutan yang kamu alami terasa sangat berat, jangan ragu berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater

Pin It
Hits 23363