INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Tips Menjaga dan Menyeimbangkan Kesehatan Mental Selama Masa Pandemi Virus Corona

  • By
  • In Lihat
  • Posted 30 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 735

COVID-19 (coronavirus disease 2019) adalah jenis penyakit baru yang disebabkan oleh virus dari golongan coronavirus, yaitu SARS- cov-2 yang juga sering disebut virus Corona.

Pandemi virus Corona tidak hanya mengancam kesehatan fisik, namun juga kesehatan mental setiap individu. Tidak hanya rasa takut, efek psikologis yang ditimbulkan pun bisa berdampak serius. Kasus Covid-19 yang dialami anak-anak mungkin memang tidak sebanyak dewasa dan lansia. Akan tetapi, bukan berarti anak-anak aman. Terutama dari dampak psikologis yang timbul akibat Covid-19.

Berikut ini adalah 3 hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mental selama pandemi virus Corona:

Melakukan aktivitas fisik

Masa pandemi seperti sekarang ini, kita terhalang untuk melakukan olahraga di luar rumah. Namu, mau tidak mau kita harus tetap melakukan berbagai olahraga ringan, seperti lari kecil atau lompat di tempat, ini dapat Anda lakukan selama menjalani karantina di rumah. Dengan melakukan aktivitas fisik, tubuh Anda akan memproduksi hormon endorfin yang dapat meredakan stres, mengurangi rasa khawatir, dan memperbaiki mood Anda.

Membuat to-do list

Selama Anda menjalani karantina di rumah, Anda harus tetap productive disetiap harinya. Nah, supaya lebih tertata dan terjadwal, Anda bisa membuat list kegiatan yang akan Anda kerjakan pada hari tersebut. Anda bisa melakukan hobi atau aktivitas yang Anda sukai, misalnya memasak, membaca buku, atau menonton film. Selain meningkatkan produktivitas, kegiatan tersebut juga dapat menghilangkan rasa jenuh.

Menjaga komunikasi dengan keluarga dan sahabat

Pada masa pandemic seperti sekarang ini, sekolahan ditutup. Kita semua terpaksa harus berdiam diri dirumah. Tentunya akan membuat kita jenuh. Maka dari itu ,luangkanlah waktu untuk berkomunikasi dengan keluarga, sahabat, teman Anda, baik melalui pesan singkat, telepon, atau video call.Anda bisa menceritakan kekhawatiran dan kecemasan yang Anda rasakan Dengan cara ini, tekanan yang Anda rasakan dapat berkurang sehingga Anda bisa lebih tenang.

Pin It
Hits 1074