INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

  • By
  • In Lihat
  • Posted 30 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 735

Wabah Coronavirus (Covid-19) yang pertama kali dilaporkan di Wuhan, China telah menyebar ke seluruh penjuru dunia. Penyakit yang disebabkan oleh virus SARS-COV-2 ini menyerang sistem respirasi, tahap ringan dapat menyebabkan flu dan pada tahap yang berat dapat menyebabkan pneumonia (infeksi paru-paru). Hingga 18 Oktober 2020, di Indonesia terkonfirmasi terdapat 361. 867 kasus Coronavirus dengan jumlah kematian yang mencapai 12.511 jiwa. Banyaknya pemberitaan di media, baik cetak maupun elektronik terkait penyebaran virus ini serta dampak yang ditimbulkan seperti kemunduran dibidang ekonomi dapat mempengaruhi perilaku dan kesehatan mental masyarakat.

Kesehatan mental yang terganggu dapat menurunkan sistem imunitas sehingga membuat seseorang lebih rentan terserang penyakit. Hal ini tentu saja dapat membahayakan kesehatan fisik. Oleh karena itu, diperlukan adanya kontrol emosi dan pola pikir yang positif dalam menghadapi pandemi Covid-19 sehingga terhindar dari stress. Berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan mental disaat pandemi Covid-19.

1. Kelola media dan asupan informasi dengan bijaksana.

Jangan mudah termakan hoax, dapatkan informasi terbaru dari sumber yang kredibel dan batasi diri anda dari dari penggunaan media sosial dan berita yang dapat menambah kekhawatiran.

2. Jaga kesehatan fisik

Makan makanan yang sehat dan bergizi, rutin berjemur, minum air dan istirahat yang cukup serta rutin berolahraga agar tubuh sehat dan sistem imunitas terjaga.

3. Sibukkan diri anda dengan berbagai aktivitas yang positif

Lakukan kegiatan yang menyenangkan seperti hobi atau kegiatan lainnya yang dapat meningkatkan kreativitas dan produktivitas. Ciptakan rutinitas baru yang positif dan jaga pikiran anda tetap aktif misalnya dengan membaca atau menulis.

4. Mempererat komunikasi secara virtual

Video call dengan teman atau keluarga lainnya dapat mengatasi kejenuhan akibat isolasi, anda juga dapat bercerita tentang kekhawatiran/kecemasan yang dirasakan sehingga dapat mengurangi tekanan dan merasa lebih tenang.

5. Meningkatkan Spiritualitas

Dengan meningkatkan spiritualitas dan keimanan kepada Tuhan, berserah diri dan berdoa untuk meminta pertolongan dapat menjadikan hati lebih tenang dalam menghadapi berbagai permasalahan yang muncul akibat pandemi Covid-19.

Penting untuk menjaga kesehatan mental terutama disaat pandemi karena kesehatan mental memiliki korelasi terhadap kesehatan fisik. Kesehatan mental yang baik memungkinkan seseorang untuk dapat bekerja secara produktif dan mampu menghadapi tekanan yang muncul dalam kehidupan. Sebaliknya kesehatan mental yang buruk dapat menimbulkan gangguan psikomatis akibat stress/depresi dan dapat menurunkan sistem imunitas sehingga tubuh lebih rentan terhadap penyakit. Oleh karena itu, mari tingkatkan pola pikir positif dan pola hidup sehat agar terhindar dari kecemasan berlebih yang dapat memicu terjadinya stress saat pandemi Covid-19.

 

Pin It
Hits 818