INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

INDONESIA PERKUAT KERJASAMA VAKSIN COVID-19 DENGAN INGGRIS DAN SWISS

  • By
  • In Lihat
  • Posted 30 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 735

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi dan Menteri BUMN, Erick Thohir mengunjungi Inggris dan Swiss di awal minggu ini, Rabu, 14 Oktober 2020 untuk perkuat kerjasama bilateral dan multilateral dalam penanganan Covid-19 dan pengadaan vaksin.

“Perjalanan kita ke Inggris dan Swiss menambah upaya kami untuk mengamankan kerja sama vaksin, baik secara bilateral maupun multilateral,” ujar Retno di konferensi virtual dari Jenewa, Swiss pada hari Jumat.

Indonesia bertemu langsung dengan perusaan Farmasi Inggris, AstraZeneca yang sedang menguji calon vaksin Covid-19. Di Swiss, delegasi Indonesia bertemu dengan GAVI, Aliansi Vaksin; the Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI); dan the United Nations Children's Fund (UNICEF) untuk mendiskusikan kesetaraan antar negara dalam pengadaan vaksin Covid-19 yang diharapkan.

Dalam kunjungannya ke Swiss, Indonesia mengatakan akan membantu memastikan akses yang setara terhadap vaksin secara global. Retno mengatakan, Indonesia bisa berpartisipasi dalam penyediaan vaksin yang berpotensi di masa depan karena perusahaan farmasi milik negara, Bio Farma, memiliki kapasitas produksi yang besar.

“Kolaborasi seperti ini menunjukkan komitmen dan kepemimpinan Indonesia untuk mendukung multilateralisme dan akses vaksin bagi semua,” ujar Retno

“Kami akan melanjutkan koordinasi dan komunikasi kami dengan WHO, UNICEF, GAVI, dan CEPI. Sekali lagi, kerja sama adalah kuncinya,” lanjut Retno.

Erick membalas pernyataan Retno, mengatakan bahwa kunjungan tersebut bertujuan untuk memastikan program vaksinasi di masa depan negara ini dan menegaskan kembali peran global Indonesia dalam upaya kesehatan.

“Sangat penting bagi kami untuk ambil bagian dalam penanganan Covid-19 secara global untuk memastikan keselamatan seluruh warga Negara Indonesia,” ujarnya dalam pers.

Indonesia telah bekerja sama dengan Cina untuk mendapatkan vaksin potensial melalui perusahaan farmasi Sinovac dan Cansino, dengan Uni Emirat Arab melalui G42 bekerja sama dengan Sinopharm dan dengan Inggris melalui AstraZeneca.

Kandidat vaksin dari Sinovac, Cansino, G42-Sinopharm dan AstraZenecasaat ini sedang menjalani uji klinis fase tiga. Uji klinis calon vaksin dari Sinovac sedang dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat.

 

Pin It
Hits 1276