INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

TRAGEDI ANTARA TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN MAHASISWA

  • By
  • In Lihat
  • Posted 31 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Pada tahun 2020, Indonesia sedang dilanda kejadian yang tidak menyenangkan. Bahkan, bukan hanya Indonesia, tetapi seluruh dunia. Covid-19 adalah penyebabnya. Covid-19 merupakan singkatan dari Corona Virus Disease 2019, sebuah virus yang menyerang sistem pernafasan. Virus ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China. Tidak butuh waktu lama, virus ini menyebar ke berbagai penjuru dunia.

Berbagai dampak timbul karena adanya pandemi ini. Salah satu dampaknya adalah belajar online. Belajar online ini dilakukan melalui zoom meeting, google meet, website, dll. Sebenarnya pembelajaran online tidak terlalu buruk, tetapi efek yang ditimbulkan sungguh tidak enak. Beberapa efeknya adalah mata minus, punggung pegal, dan membuat mahasiswa cenderung stress dikarenakan terpaan tugas yang bertubi-tubi. Ditambah lagi adanya kegiatan wajib lain seperti webinar atau acara-acara lain yang membuat mahasiswa terlalu lama berhadapan dengan layar komputer, tentunya hal ini tidak sehat. Dengan banyaknya kegiatan tersebut cenderung membuat mahasiswa malas berolahraga karena terlalu capek. Weekend seharusnya digunakan untuk beristirahat dan berolahraga.

Oleh karena itu, kita harus pandai-pandai membagi waktu antara berkuliah, berolahraga, dan refreshing agar terhindar dari bahaya stress. Kita harus bisa menyempatkan waktu, paling tidak dua kali dalam seminggu untuk melakukan olahraga. Beberapa olahraga yang efektif dilakukan di masa pandemi ini adalah jogging, sit up, push up, plank, dan olahraga lainnya. Olahraga tersebut tidak memerlukan banyak waktu sehingga bisa dilakukan di sela-sela kesibukan dunia perkuliahan.

Untuk kesehatan mata sendiri, kita bisa banyak mengonsumsi jus wortel dan memakai kacamata anti radiasi. Selain itu, kita bisa menerapkan rumus 20-20-20 yang artinya setelah menatap layar selama 20 menit, istirahatkan mata selama 20 detik dengan melihat benda berjarak 20 kaki. Kita juga harus pandai-pandai dalam menjaga kesehatan diri agar tidak keteteran. Selain itu, kita juga perlu mengendalikan stress karena hal tersebut menimbulkan banyak dampak yang tidak sehat.

Pin It
Hits 527