INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Peran Pemuda Memutus Rantai Covid-19

  • By
  • In Lihat
  • Posted 31 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Corona virus disease atau yang biasa kita sebut covid -19 merupakan jenis virus yang menyerang organ pernafasan manusia. Jumlah korban covid-19 dari hari ke hari semakin melonjak naik. Pasalnya gejala awal covid-19 mirip dengan flu biasa, sehingga banyak orang yang meremehkan penyakit ini. Adanya lonjakan jumlah korban terserang covid-19 membuat bebagai negara menerapkan beberapa macam kebijakan untuk menekan jumlah korban positif corona virus.

Salah satunya Indonesia, yang menerapkan lockdown dan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar di beberapa daerahnya. Kebijakan ini membatasi gerak masyarakat untuk beaktifitas besama-sama baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Dampak kebijakan ini contohnya adalah anjuran untuk work from home dan learn from home.

Dengan adanya keterbatasan ruang gerak, manusia diharapkan dapat beradaptasi dengan menciptakan berbagai inovasi. Mencari inovasi bagaimana agar kegiatan tetap berjalan seoptimal mungkin sama seperti saat sebelum corona virus menyebar. Teknologi merupakan jalan yang bisa ditempuh dalam mengatasi problem ini.

Sebagai pemuda yang merupakan tonggak pembangunan bangsa, kitalah yang memiliki peran terbesar dalam menciptakan inovasi dan ikut berperan di masyarakat sebagai pelopor kebaikan. Terutama dalam masa pandemi ini. Pemuda sebagai pelopor kebaikan dalam memutus rantai covid-19 adalah dengan mematuhi protokol kesehatan yang ada. Seperti mencuci tangan dengan baik dan benar, menggunakan masker, menjaga jarak, tidak pergi nongkrong atau keluar untuk urusan yang tidak terlalu penting.

Melalui kecanggihan teknologi yang ada saat ini, memungkinkan kita untuk berinovasi memanfaarkan teknologi untuk berbagi kebaikan kepada siapapun dan dimanapun. Kita bisa mengajak orang lain untuk mematuhi protokol kesehatan melalui media sosial tanpa bertemu secara langsung. Selain itu, kita juga bisa memberikan edukasi kreatif yang menarik mengenai covid-19 dan hal-hal bermanfaat yang bisa dilakukan di rumah kala pandemi.

Contohnya adalah edukasi mengenai tips menjaga kesehatan mental dan fisik “di rumah aja” selama pandemi. Mental atau psikis yang sehat dan positif dapat memodulasi sistem imun dalam diri sehingga tidak mudah terpapar penyakit. Menjaga psikis bisa dilakukan dengan cara selalu berpikir positif dan mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kemudian kegiatan menjaga kesehatan fisik adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang serta berolahraga di rumah seperti senam, lompat tali, yoga, angkat beban, ataupun stretching.

Bentuk edukasi kreatif tersebut bisa berupa video, foto, poster, tulisan maupun infografis yang dibuat sekreatif mungkin agar menarik minat banyak rang untuk melihatnya. Terkadang orang lebih suka dan akan lebih membekas dalam ingatan melalui media seperti ini dibandingkan hanya menonton berita di televisi.

Kegiatan tersebut diatas tidak hanya dapat membantu memutus rantai covid-19 tetapi juga bisa melatih dan mengembangkan potensi dan skill yang ada dalam diri kita serta melatih kemampuan beradaptasi dalam mengahadapi tantangan yang bisa muncul kapanpun.

Pin It
Hits 8643