INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Dampak Covid-19 dalam Bidang Kesehatan

  • By
  • In Lihat
  • Posted 31 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 738

Covid-19 atau virus corona merupakan virus yang akhir – akhir ini sedang ramai diperbincangkan karena dampaknya yang besar bagi semua orang. Virus ini bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian. Virus corona pertama kali terdeteksi di Wuhan, Cina pada Desember 2019, menyerang sistem pernapasan dan dapat menginfeksi siapa saja, baik bayi, anak-anak, orang dewasa, maupun lansia. Dan lebih berisiko terhadap ibu hamil, lanjut usia, orang dengan penyakit tertentu, dan memiliki sistem imun yang lemah. Virus corona jenis baru ini memiliki tingkat penularan yang tinggi sehingga telah menyebar secara global di negara-negara lain termasuk indonesia. Adapun gejala-gejala umum terinfeksi virus ini adalah pilek, sakit tenggorokan, batuk, demam, dan sesak nafas. Penularan yang sangat cepat lewat kontak langsung maupun tidak langsung antar individu dan menyebabkan banyak korban berjatuhan.

Covid-19 memberikan dampak yang besar bagi kehidupan masyarakat diberbagai bidang salah satu contohnya dalam bidang kesehatan. Pengaruh pandemi covid-19 dalam bidang kesehatan yaitu tingkat kesehatan menurun karena banyak yang terpapar covid-19 dan banyak masyarakat yang stress karena khawatir dan takut tertular virus corona sehingga membuat sistem imun semakin menurun. Total kasus hingga Rabu (14-10-2020) siang, tercatat ada 4.127 kasus baru. Sehingga total kasus virus corona di Indonesia menjadi 344.749 orang (TribunTernate.com). Selain itu banyak tenaga kesehatan yang berguguran akibat pandemi ini karena faktor tertular virus covid-19 maupun faktor kelelahan karena jumlah pasien yang membludak hingga Senin, 27 September 2020, sebanyak 101 orang tenaga kesehatan yang menangani pasien covid-19 meninggal dunia. Upaya pencegahan untuk mengantipasi penyebaran covid-19 yang sudah dilakukan diantaranya karantina wilayah, kebijakan lockdown, social distancing, mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, jaga jarak, rajin mencuci tangan, dan lain sebagainya. Bukan hanya pemerintah saja akan tetapi seluruh masyarakat harus ikut berperan dalam upaya pencegahan tersebut agar virus corona bisa segera teratasi dan kita dapat beraktivitas kembali seperti sebelumnya.

Sebenarnya banyak hikmah yang dapat kita ambil dari pandemi covid-19 ini diantaranya yaitu kita lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT agar diberi perlindungan dari covid-19, munculnya rasa peduli terhadap sesama dan saling tolong menolong, kita lebih menerapkan perilaku sehat seperti rajin mencuci tangan, makan makanan bergizi, rajin berolahraga dan lain sebagainya. Oleh karena itu, mari kita bersama – sama berperan dalam upaya pencegahan covid-19 agar bumi kita ini bisa kembali aman dan damai.

Penulis: Aprilia Nuur Fadhilah

Pin It
Hits 91878