INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Makanan Mood Booster Penambah Semangat

  • By
  • In Lihat
  • Posted 31 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Banyak cara untuk menghilangkan kesedihan dan kegalauan yang melanda. Salah satu cara yang paling mudah dan menyenangkan adalah makan. Anda hanya cukup memilih makanan mood booster terbaik untuk dinikmati.

Berbagai sajian kue dengan rasa yang manis memang selalu menjadi pilihan. Makanan tersebut bisa mengembalikan mood Anda menjadi lebih baik dalam waktu singkat. Sayangnya, kalori berlebih dapat membahayakan tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Jadi, makanan yang dipilih tentu juga harus menyehatkan.

Berikut rekomendasi makanan mood booster yang enak dan sehat:
1. Makanan yang Mengandung Omega-3
Jika menyebut omega-3, nama yang akan sering muncul adalah salmon dan tuna. Dua jenis ikan ini akan memenuhi kebutuhan omega-3 yang tidak diproduksi oleh tubuh. Meskipun tidak ada takaran yang disarankan, banyak pendapat menyebutkan bahwa Anda membutuhkan 250—500 mg EPA dan DHA per harinya. Menurut penelitian, omega-3 sangat berperan untuk perkembangan sel otak. Selain itu, mengonsumsi nutrisi ini juga bisa membantu menurunkan risiko seseorang mengidap depresi. Ikan-ikan yang mengandung lemak ini juga baik sebagai makanan sehat untuk menjaga berat badan.
2. Makanan yang Difermentasi
Anda bisa langsung menyantap yogurt saat perasaan sedang galau. Makanan atau minuman yang melalui proses fermentasi akan memiliki bakteri yang akan mengubah gula menjadi alkohol dan asam. Nantinya, makanan yang difermentasi ini akan mendukung bakteri baik di dalam usus untuk mencerna makanan dan memproduksi serotonin. Sebanyak 90% serotonin dalam tubuh diproduksi oleh bakteri yang ada di usus. Senyawa ini akan memengaruhi suasana hati, nafsu makan, dorongan seks, hingga kadar stres. Namun, ada baiknya Anda memilih makanan fermentasi yang benar-benar baik untuk pencernaan. Misalnya kimchi, kefir, tempe, miso, dan asinan sayur. Hindari makanan fermentasi seperti bir, wine, dan beberapa jenis roti karena sudah melalui proses tambahan yang menghilangkan bakteri baik.
3. Dark Chocolate
Cokelat juga sangat disenangi karena bisa langsung mengubah mood menjadi lebih baik. Di dalam cokelat terkandung kafein, theobromine, dan N-acylethanolamine dan sering dikaitkan dengan peningkatan suasana hati. Di samping itu, dark chocolate mengandung flavonoid yang tinggi untuk membantu meningkatkan aliran darah ke otak. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa rasa, tekstur, dan aroma yang dimiliki oleh cokelat terbukti membuat banyak orang lebih bahagia.
4. Biji-bijian dan Kacang-kacangan
Biji-bijian merupakan sumber vitamin B kompleks yang sangat tinggi dan nutrisi ini bagus untuk kesehatan otak. Salah satunya adalah vitamin B12 yang membantu mengatur suasana hati menjadi lebih baik. Selain itu, jenis makanan ini juga menjadi sumber lemak sehat dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Mengonsumsi kacang-kacangan juga merupakan makanan diet yang sangat baik dan bermanfaat untuk tubuh secara keseluruhan. Sebuah studi yang dilakukan kepada 15.980 orang yang mengonsumsi kacang-kacangan secara cukup mampu menurunkan risiko depresi hingga 23%.
5. Sayuran Hijau
Sayuran berwarna hijau, seperti bayam, brokoli, dan edamame mengandung asam folat yang sangat tinggi. Nutrisi ini bisa membantu metabolisme tubuh untuk meningkatkan kadar serotonin, dopamin, dan noradrenalin yang penting untuk mood booster. Lebih dari itu, mengonsumsi sayuran juga dipercaya baik untuk menurunkan risiko depresi.
6. Buah Beri
Menyantap makanan dengan antioksidan tinggi juga sering dikaitkan pencegahan depresi secara umum. Sebuah pendapat menyebutkan bahwa antioksidan ini akan mencegah peradangan dalam tubuh yang memengaruhi gangguan mood. Buah beri berwarna ungu dan biru memiliki kadar antosianin yang sangat tinggi. Kandungan ini juga dipercaya untuk menurunkan risiko depresi hingga 39%. Terlebih lagi, Anda bisa menyantap buah beri dengan berbagai cara, seperti mencampurkannya dalam oatmeal, menambahkan ke dalam susu, atau dimakan langsung.
7. Kopi
Kopi memang selalu dikaitkan dengan mood, khususnya untuk mereka yang ingin memulai hari yang berat. Kandungan yang dianggap sebagai “dewa” dalam secangkir kopi adalah kafein. Senyawa inilah yang membantu melepaskan dopamin dan norepinefrin dalam tubuh sehingga membuat Anda lebih bersemangat.Namun, jumlah asupan kopi harian juga harus dibatasi. Anda hanya disarankan mengonsumsi 400 ml atau sekitar 2/3 cangkir kopi setiap harinya. Terlalu banyak asupan kafein dalam tubuh juga tidak baik karena akan menimbulkan kecemasan. Kafein juga bisa menimbulkan efek yang berbeda pada setiap orang. Sebagian orang malah bisa sangat gelisah, mudah tersinggung, hingga sulit tidur jika mengonsumsi kopi. Jika itu juga terjadi pada Anda, sebaiknya hindari kopi sebagai makanan mood booster.

Waktu Makan juga Perlu Disesuaikan

Selain makanan, cara makan berikut dianggap bisa membuat suasana hati seseorang membaik:
- Makan Tepat Waktu
Sesibuk apapun aktivitasmu sehari-hari, jangan pernah melewatkan makan, terutama sarapan. Jika anda pergi tanpa sarapan, artinya anda memulai hari tanpa bahan bakar yang bisa diubah menjadi energi. Makan tepat waktu juga menghindarkan diri dari suasana hati buruk karena didera rasa lapar.
- Mengetahui Makanan yang Harus Dihindari
Beberapa makanan mengandung nutrisi yang bisa membuat gula darahmu naik dan turun secara tidak terkendali. Agar terhindar dari kondisi tersebut, cobalah kurangi asupan gula. Gula sederhana dalam permen, soda, sirup, dan selai berisiko menyebabkan gula darah naik dan turun dengan cepat. Efek yang sama juga bisa disebabkan oleh biskuit, nasi putih, dan roti putih.
- Atur Waktu Makan
Agar kadar gula darah tetap stabil, aturlah waktu makanmu. Waktu yang disarankan untuk makan adalah tiap 4-5 jam. Dengan cara ini, anda bisa menjaga tubuh agar tetap penuh energi, sehingga suasana hati bisa tetap stabil.

Referensi :
Adrian, K. 2019. Suasana Hati Buruk? Atasi dengan Makanan Ini - Alodokter. Available at: https://www.alodokter.com/suasana-hati-buruk-atasi-dengan-makanan-ini (Accessed: 30 March 2021).
Irawan, A. 2021. 7 Pilihan Makanan Mood Booster untuk yang Sedang Galau. Available at: https://www.sehatq.com/artikel/sedang-galau-coba-santap-makanan-mood-booster-untuk-mengembalikan-semangat (Accessed: 30 March 2021).

Penulis : Muchamad Naufal
Editor : Dyah Ratika Maulani Wulandari

Pin It
Hits 10148