INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Segudang Manfaat Bayam Merah Untuk Si Kecil

  • By
  • In Lihat
  • Posted 31 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Bayam merah, sayuran satu ini mungkin masih awam di telinga sebagian orang. Seperti namanya bayam ini memiliki warna yang berbeda dari kebanyakan bayam, yakni berwarna merah. Namun jangan salah, warna merah pada bayam ini tidak mengurangi khasiat yang terkandung di dalamnya. Bahkan, bayam merah memiliki segudang manfaat, khususnya untuk si kecil. Mau tahu apa saja manfaatnya, simak penjelasan berikut ini.

1. Menguatkan Tulang dan Gigi
Kandungan kalsium pada bayam merah dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi pada si kecil.
2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Bayam merah mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Dengan mengonsumsinya secara rutin dan teratur, daya tahan tubuh si kecil akan lebih optimal sehingga terhindar dari risiko penyakit.
3. Menyehatkan Rambut
Selain vitamin C, bayam merah juga mengandung vitamin B yang cukup. Oleh karena itu, mengonsumsinya secara rutin dan teratur dapat membuat anak memiliki kondisi rambut yang lebih sehat.
4. Menyehatkan Pencernaan
Kandungan serat pada bayam merah bermanfaat untuk menyehatkan saluran pencernaan anak. Dengan demikian, tubuh si kecil bisa menyerap zat-zat yang dibutuhkan untuk proses tumbuh kembang dengan lebih optimal.
5. Mengatasi Sembelit
Kandungan serat pada bayam merah juga bisa membuat si kecil terhindar dari risiko sembelit alias konstipasi.
6. Bagus untuk Kesehatan Mata
Vitamin A pada bayam merah tergolong tinggi. Vitamin tersebut memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan mata.
7. Menyehatkan Kulit
Kandungan vitamin A dan E pada bayam merah adalah paduan yang bagus untuk kesehatan kulit anak.
8. Mengatasi Disentri
Dalam penelitian berjudul Medicinal Importance of Unexploited Vegetable Under North Eastern Regions of India, bayam merah disebut mampu mengatasi penyakit disentri. Hal tersebut berkat serat larut dan antosianin yang ada di dalam bayam merah. Senyawa tersebut bisa ‘membersihkan’ saluran pencernaan, sekaligus membasmi bakteri penyebab disentri.
9. Menurunkan Risiko Asma
Bayam merah mengandung beta karoten, yang mampu meningkatkan fungsi saluran pernapasan dalam membersihkan residu-residu berbahaya yang tertinggal di organ tersebut. Berkat khasiat tersebut, bayam merah dapat menurunkan risiko asma.
10. Meningkatkan Energi
Kandungan karbohidrat pada bayam merah dapat meningkatkan energi anak. Peningkatan energi dapat dirasakan lebih optimal dengan mengonsumsi bayam merah secara rutin, berkat adanya kombinasi protein, vitamin K, folat, riboflavin, vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C .

Nah, itu tadi segudang manfaat bayam merah bagi si kecil. Semoga bermanfaat.

Sumber: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3648832/sederet-manfaat-bayam-merah-untuk-anak

Penulis: Galih Indhiantoro
Editor: Titis Nurmalita Dianti

Pin It
Hits 610