INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Inilah Ragam Buah yang Baik Untuk Ibu Hamil

  • By
  • In Lihat
  • Posted 02 April 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 735

Kehamilan merupakan suatu hal yang sangat diinginkan oleh pasangan yang sudah menikah. Maka dari itu ibu secara otomatis akan sangat menjaga kehamilannya agar bayi lahir dengan sehat. Salah satu makanan sehat untuk ibu hamil adalah buah-buahan. Untuk moms yang belum tahu apa saja buah yang baik untuk ibu hamil, berikut ini daftar buah-buahan yang bisa moms konsumsi saat hamil.

1. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil, karena kaya akan asam folat yang berguna untuk mendukung perkembangan saraf janin. Selain itu, kalium yang terkandung di alpukat bermanfaat untuk meringankan gejala morning sickness yang sering terjadi pada trimester awal kehamilan.

2. Pepaya

Pepaya yang sudah matang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Pepaya matang kaya akan nutrisi penting yang baik untuk ibu hamil, seperti vitamin A, B, C, asam folat, dan serat. Dengan mengonsumsi pepaya secara rutin, munculnya sembelit yang sering terjadi selama kehamilan juga dapat dicegah. Namun, pepaya mentah tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, karena mengandung lateks yang dapat memicu kontraksi pada rahim.

3. Jeruk

Jeruk juga termasuk ke dalam jenis buah yang baik dikonsumsi saat hamil, karena mengandung vitamin C dan folat yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Kandungan vitamin C pada jeruk bermanfaat untuk membantu penyerapan zat besi, serta berfungsi sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Sementara kandungan air dalam jeruk dapat mencegah dehidrasi selama kehamilan.

4. Mangga

Mangga merupakan salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi saat hamil karena vitamin C dan A yang terkandung di dalamnya. Kedua vitamin ini berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah diare dan infeksi saluran pernapasan pada bayi baru lahir.

5. Semangka

Semangka termasuk buah yang bagus dan baik untuk ibu hamil karena kaya akan air. Makan semangka dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuh, menghilangkan haus, dan mencukupi asupan vitamin A, C, B6, magnesium, dan kalium. Makan buah semangka dipercaya dapat membantu menangkal mual di pagi hari saat hamil. Di trimester 3 kehamilan, buah ini juga dipercaya dapat mengurangi bengkak di tangan dan kaki serta mencegah kram otot.

Dengan begitu banyaknya pilihan buah untuk ibu hamil, Anda tentu tidak perlu bingung lagi untuk memasukkannya ke dalam menu harian Anda.

 

Penulis: Adelya Salsabila Putri

 

Sumber:

https://www.alodokter.com/buah-untuk-ibu-hamil-muda-yang-wajib-bunda-konsumsi

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3632923/buah-terbaik-untuk-ibu-hamil-apa-saja

Pin It
Hits 1210