INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Aktivitas Fisik Terbaik untuk Mengawali Harimu

  • By
  • In Lihat
  • Posted 02 April 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 735

Halo sobatners! Pada 6 April besok diperingati hari aktivitas fisik sedunia loh. Nah bagi Anda yang suka rebahan selama masa pandemi ini, yuk bisa lebih produktif dengan melakukan aktivitas fisik di rumah maupun di luar rumah, tapi tetap dengan mematuhi protokol kesehatan, ya!

Bagi Anda yang ingin memulai aktivitas fisik dan olahraga, ini dia 5 jenis aktivitas yang terbaik menurut pakar dari Harvard Medical School:

1. Jalan kaki

Jalan kaki merupakan aktivitas yang mudah dilakukan, sehingga tentu tak terlalu memberatkan kita. Jalan kaki membantu kita untuk menurunkan kadar kolesterol, memperkuat tulang, dan mencegah berbagai penyakit parah, termasuk penyakit jantung dan diabetes. Tak hanya itu, jalan kaki juga sangat disarankan karena dapat membantu memperbaiki suasana hati, jika rutin dilakukan. Berbagai studi juga menemukan, jalan kaki dan aktivitas fisik lain dapat meningkatkan daya ingat dan mencegah hilang ingatan terkait usia. Sebagai permulaan, Anda cukup berjalan kaki selama 15 menit. Seiring berjalannya waktu, tingkatkan durasi ini menjadi 30-60 menit dalam satu hari. Jangan lupa, pastikan sepatu yang Anda kenakan nyaman di kaki.

2. Tai chi

Tai chi adalah bentuk aerobik tradisional asal Tiongkok yang melibatkan gerakan lambat dan penarikan napas dalam.Aktivitas fisik ini amat baik untuk tubuh serta pikiran kita. Latihan tai chi sangat disarankan untuk kelompok lanjut usia, karena aktivitas ini menawarkan keseimbangan, sesuatu yang rentan berkurang seiring pertambahan umur. Guna melakukan gerakan yang tepat, Anda lebih disarankan untuk mengambil kelas tai chi, dibandingkan melakukannya tanpa pendamping.

3. Latihan kekuatan

Semua kalangan bisa melakukan latihan kekuatan, baik pria maupun wanita. Rutin menjalani latihan kekuatan dapat mencegah penurunan kekuatan pada otot.Selain itu, latihan kekuatan juga dapat menjaga berat badan ideal karena massa otot yang lebih banyak membantu tubuh dalam membakar kalori.Kunci awal dalam melakukan latihan kekuatan adalah gerakan yang tepat. Anda disarankan untuk tidak fokus pada berat beban yang diangkat. Beban ringan dapat menjadi awal mula yang baik, asalkan gerakan yang dilakukan bisa tepat.

4. Senam Kegel

Senam Kegel disebutkan mampu menjaga kesehatan otot dasar panggul yang menopang kandung kemih. Jika otot dasar panggul yang kuat, kita bisa menurunkan risiko inkontinensia urine. Inkontinensia urine terjadi ketika tubuh tak mampu mengontrol diri keinginan untuk buang air kecil. Perlu juga digarisbawahi, senam Kegel tak hanya menyehatkan untuk wanita. Ada banyak manfaat senam Kegel untuk pria juga, lho!

 

Nah itu dia sob, aktivitas fisik yang dapat dilakukan selama pandemi, yuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

 

Penulis: Adelya Salsabila Putri

Sumber:

https://www.sehatq.com/artikel/jenis-aktivitas-fisik-terbaik-menurut-pakar

Pin It
Hits 991