INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Hal yang Perlu Diperhatikan setelah Vaksin Corona

  • By Alina Ramadani
  • In Lihat
  • Posted 02 April 2021

Vaksin COVID-19 disuntikkan untuk mendorong tubuh membentuk antibodi yang berguna dalam melawan infeksi virus corona. Meski begitu, dibutuhkan waktu sebelum antibodi terbentuk dan bisa berfungsi dengan maksimal. Umumnya, antibodi terbentuk dalam satu bulan setelah vaksin corona dosis pertama. Namun, kinerja antibodi baru akan maksimal pada 28-35 hari setelah suntikan kedua vaksin corona.

Maka dari itu, penerapan protokol kesehatan tetap perlu dilakukan meski sudah mendapatkan vaksin. Selain itu, ada hal lain yang juga perlu diperhatikan setelah mendapatkan vaksin COVID-19, salah satunya efek samping. Penting untuk mengetahui apa saja efek samping vaksin dan kapan harus mewaspadai gejala yang muncul. Meski normal terjadi, efek samping dan gejala yang muncul tetap harus dimonitor.

Efek samping vaksin corona yang sering muncul adalah nyeri pada tubuh yang disuntik, demam ringan, sakit kepala, mudah merasa lelah, serta menggigil. Biasanya, efek samping akan hilang dalam beberapa hari, tapi sebaiknya waspadai jika gejala malah semakin parah. Segera pergi ke rumah sakit jika mengalami kejang, demam tinggi, nyeri atau ruam yang tidak kunjung hilang.

Vaksin corona juga bisa memicu efek samping berupa gejala alergi. Namun, perlu diwaspadai sebab ada kemungkinan gejala alergi akan muncul belakangan (delayed allergic reaction). Jika muncul reaksi alergi parah dalam beberapa hari atau beberapa minggu setelah vaksin corona pertama, disarankan untuk segera pergi layanan kesehatan. Sebab, ada kemungkinan reaksi alergi akan bertambah parah dan bisa memicu masalah.

Pada orang yang mengalami reaksi alergi parah setelah vaksin, biasanya tidak disarankan untuk mendapatkan dosis kedua vaksin corona.

Ada beberapa tips yang bisa diterapkan saat mengalami efek samping ringan setelah vaksin corona, di antaranya mengompres dingin pada area yang nyeri atau lokasi suntikan, banyak minum air putih, serta konsumsi obat-obatan tertentu.

Selain memperhatikan kondisi tubuh dan efek samping yang muncul setelah vaksin, penerapan protokol kesehatan juga harus dilanjutkan. Selalu menjaga jarak, mengenakan masker, hindari kerumunan, serta rajin mencuci tangan dengan sabun. Hal itu penting dilakukan untuk membantu meningkatkan efektivitas vaksin dalam melindungi tubuh.

 

Referensi :

https://www.halodoc.com/artikel/apa-yang-perlu-diperhatikan-setelah-mendapatkan-vaksin-covid-19

 

Penulis: Rizqi Nur Rahma

Editor: Naili Raudiatus Zahra

Pin It
Hits 3958