INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Keunggulan Buah Bit

  • By Alina Ramadani
  • In Lihat
  • Posted 02 April 2021

Buah bit adalah akar-akaran yang banyak digunakan sebagai bahan makanan. Buah bit mentah kalorinya sebesar 58,5 kkal. Buah bit bisa memasok kebutuhan vitamin C per hari sebanyak 7,4%, vitamin A harian sebanyak 0,3%, folat sebanyak 37%. Dengan kandungan yang kaya akan kebaikan tersebut, berikut manfaat yang didapatkan saat mengonsumsi buah bit :

1. Menurunkan tekanan darah

Efek makan buah bit bisa lebih terasa pada penderita hipertensi apabila memakan buah bit mentah daripada bit yang dimasak. Buah bit bisa membantu menurunkan tekanan darah karena kandungan nitratnya yang tinggi. Di dalam tubuh, nitrat diubah menjadi nitrat oksida yang bisa melebarkan pembuluh darah, sehingga tekanan darah bisa turun. Efek makan buah bit dalam menurunkan tekanan darah hanya bersifat sementara yaitu selama enam jam setelah makan. Untuk mencegah penyakit pembuluh darah seperti jantung dan stroke, diperlukan konsumsi teratur buah bit agar tekanan darah bisa tetap stabil.

2. Mengurangi peradangan

Peradangan kronis merupakan pemicu penyakit kronis seperti obesitas, penyakit jantung, hati, dan kanker. Berdasarkan hasil uji laboratorium, buah bit memiliki pigmen bernama betalain. Zat ini berpotensi sebagai anti-peradangan. Studi lain pada penderita osteoarthritis menunjukkan, kapsul dari ekstrak betalain dari buah bit dapat mengurangi nyeri akibat penyakit tersebut.

3. Potensial untuk mencegah kanker

Kandungan zat antioksidan dan anti-peradangan dalam buah bit berpotensi bisa mencegah kanker. Kendati demikian bukti klinis efek antikanker buah bit pada manusia masih terbatas. Namun ada penelitian membuktikan ekstrak bit mengurangi pertumbuhan tumor pada hewan. Penelitian lain menggunakan sel manusia juga membuktikan, ekstrak bit dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker prostat dan payudara.

 

Referensi :

Afifah, A. Nur. 2020. 7 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan. Kompas. https://health.kompas.com/read/2020/07/19/120200668/7-manfaat-buah-bit-untuk-kesehatan?page=all (Diakses pada 2 April 2021).

 

Penulis : Rizqi Nur Rahma

Editor : Dyah Ratika Maulani Wulandari

Pin It
Hits 2914