INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Tips Menjaga Kesehatan Mata Selama Belajar Daring di Rumah

  • By
  • In Lihat
  • Posted 04 April 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Pembelajaran daring menjadi alternatif kegiatan belajar sejak pandemi. Sejak banyaknya sekolah yang menghentikan aktivitas offline, pengajaran berbasis online sudah menjadi aktivitas normal yang baru di kalangan pelajar selama beberapa bulan belakangan. Peningkatan penggunaan perangkat digital menimbulkan kekhawatiran mengenai kesehatan mata kita.

Dengan adanya pembelajaran online ini, kita menghabiskan lebih banyak waktu di depan layar daripada sebelumnya. Berdasarkan laporan dari Association of Optometrist (AOP) terdapat risiko ketegangan mata digital akibat melihat atau menatap layar laptop maupun smartphone dalam waktu lama. Ketegangan mata tidak menyebabkan kerusakan permanen pada mata. Namun, kondisi ini bisa menyebabkan ketidaknyamanan, seperti penglihatan sakit dan mata lelah.

Terdapat sejumlah tips yang dapat dilakukan Anda untuk mencegah ketegangan mata:
- Selalu ingat aturan 20/20/20. Setelah menatap layar 20 menit, alihkan pandangan ke objek sejauh 20 kaki selama 20 detik. Hindari melihat layar lebih dari 20 menit.
- Atur posisi smartphone, laptop, atau tablet di bawah level penglihatan. Ponsel idealnya berjarak satu kaki, perangkat komputer dan tablet dua kaki, dan layar TV sejauh 10 kaki.
- Melakukan olahraga di luar ruangan. AOP mencatat bahwa olahraga teratur mampu mengurangi perkembangan miopi.
- Matikan perangkat digital satu jam sebelum tidur karena blue light yang dipancarkan oleh perangkat mampu mempengaruhi waktu tidur secara signifikan.
- Terapkan jam malam untuk diri Anda agar mata Anda mendapat waktu istirahat yang cukup.
- Gunakan kacamata anti radiasi. Kacamata anti radiasi akan melindungi mata Anda dari radiasi layar laptop yang Anda gunakan.
- Rajin mengonsumsi buah dan sayur. Menjaga kesehatan mata tidak hanya dilakukan dari luar saja, tetapi juga dari dalam badan Anda. Vitamin yang terkandung dari buah dan sayur dapat menjaga kesehatan mata.

Poin di atas merupakan beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata kita terlebih di masa pandemi. Jika dilakukan secara rutin dan menjadi kebiasaan, maka mata Anda akan terjaga kesehatannya. Namun, apabila ada keluhan sakit mata, segera periksakan ke dokter.

Referensi:
Chazanah, A. Anendya. 2020. Tips Menjaga Kesehatan Mata Selama Belajar di Rumah. OSC Medcom. https://osc.medcom.id/community/tips-menjaga-kesehatan-mata-selama-belajar-di-rumah-1216 (Diakses pada 4 April 2021).
Nancy, Yonanda. 2020. Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak Selama Belajar Online di Rumah. Tirto. https://tirto.id/tips-menjaga-kesehatan-mata-anak-selama-belajar-online-di-rumah-f4BT (Diakses pada 4 April 2021).

Penulis: Salsabila M. Widyanindra
Editor : Dyah Ratika Maulani Wulandari

Pin It
Hits 2797