INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Beragam Manfaat dari Bawang Putih

  • By Alina Ramadani
  • In Lihat
  • Posted 05 April 2021

Bawang putih atau Allium sativum ternyata memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh anda. Bawang putih pasti selalu ada dan digunakan pada dapur rumah anda bukan? Meskipun bawang putih ini memiliki aroma yang kuat, kandungannya inilah yang dapat mengatasi berbagai penyakit. Dalam 100 gram bawang putih, terdapat protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, dan kalium. Bawang putih juga mengandung senyawa sebagai antioksidan, antibakteri, antikanker, dan antiradang. Bagaimana dengan manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh Anda?

Menjaga kesehatan jantung

Berdasarkan studi, suplemen dengan ekstrak bawang putih mampu menurunkan kolesterol dan hipertensi. Sel darah merah mengubah kandungan sulfur pada bawang putih menjadi gas hydrogen sulfida, yang berfungsi melebarkan pembuluh darah.

Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Berdasarkan studi, kandungan bawang putih mampu mengurangi infeksi bakteri H. pylori pada lambung.

Mencegah kanker

Bawang putih memiliki kandungan allicin, dimana bersifat antikanker. Studi mengatakan, bawang putih mampu menurunkan gejala berbagai jenis kanker. Seperti kanker payudara, kanker usus besar, kanker paru, kanker pankreas.

Mencegah alzheimer dan demensia

Kandungan antioksidan pada bawang putih mampu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas yang masuk pada tubuh ini bisa menyebabkan terjadinya penyakit otak seperti Alzheimer dan demensia.

Mencegah pilek

Bawang putih mampu meningkatkan sistem pertahanan (imun) tubuh, sehingga dapat menangkal flu/pilek. Dibuktikan dengan studi, dimana mereka yang terbiasa mengkonsumi bawang putih lebih jarang mengalami pilek dan lebih cepat sembuh saat terkena flu dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi bawang putih.

Mengkonsumsi bawang putih akan didapatkan secara maksimal bila dikonsumsi mentah dan telah dicuci bersih. Jangan memasak bawang putih di atas suhu 60ᵒC, karena kandungan alicin yang bermanfaat bagi tubuh akan hilang.

Namun, perlu diwaspadai bahwa konsumsi bawang putih yang berlebihan juga tidak baik bagi tubuh, seperti: bau mulut, memperburuk infeksi jamur di vagina, gatal dan ruam merah (terutama pada orang yang berkulit sensitif), sakit kepala, hipotensi. Jadi Anda bisa perhatikan jumlah bawang yang Anda konsumsi per harinya.

 

Sumber:

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3034932/manfaat-bawang-putih-untuk-kesehatan

https://www.alodokter.com/apa-manfaat-bawang-putih-bagi-kesehatan

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3644533/waspada-inilah-bahaya-terlalu-banyak-konsumsi-bawang-putih

 

Penulis: Ratna Dhelva I. W.

Editor: Naili Raudiatus Zahra

Pin It
Hits 791