INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Tanaman Hias di Dalam Ruangan, Kenapa Tidak?

  • By
  • In Lihat
  • Posted 06 April 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Kehadiran tanaman hias di dalam ruangan tidak hanya mempercantik rumah, tetapi juga membawa nuansa positif serta kegembiraan dalam hidup. Dengan menatap tanaman hijau selama berjam-jam, hal itu dapat membantu menenangkan pikiran seseorang dan membantunya merasa tenang.

Tanaman hias dalam ruangan juga bermanfaat untuk memurnikan udara dan menghilangkan semua bahan kimia berbahaya di udara yang masuk ke rumah, sehingga secara tidak langsung tanaman berpengaruh terhadap kesehatan seseorang.

Dilansir pada Kompas.com, inilah beberapa tanaman hias dalam ruangan yang dapat memberi banyak manfaat
1. Lidah Mertua
Lidah mertua memiliki bentuk yang seperti mata pedang, sehingga sering kali disebut dengan tanaman pedang-pedangan. Nama lain dari lidah mertua adalah Sansevieria atau Snake Plant. Tanaman ini membantu meningkatkan kualitas udara dan menghilangkan semua racun dari rumah. Mereka dapat disimpan di dalam ruangan dan sudut tertutup karena tidak membutuhkan sinar matahari langsung.
2. Lidah Buaya
Meletakkan lidah buaya dalam ruangan dapat membantu menyerap polusi bahan kimia yang ada dalam ruangan yang ditemukan pada bahan pembersih dan pengharum ruangan. Bahkan, lidah buaya yang diletakkan dalam ruangan dipercaya bisa membuat tidur lebih nyaman dan nyenyak. Meski tidak memiliki aroma wangi sama sekali, lidah buaya bisa menenangkan pikiran dan meredakan stres. Tanaman ini juga bisa berfungsi untuk menyerap radiasi elektromagnetik yang membahayakan tubuh.
3. Peace Lily
Peace lily atau lili perdamaian (Spathiphyllum wallisii) adalah spesies tumbuhan hias berbunga yang berasal dari keluarga Araceae. Seperti namanya, tanaman ini sangat bagus untuk menghasilkan ketenangan di dalam rumah, membuang racun dari udara, dan menjaga rumahmu tetap segar, sehat, bahagia, sekaligus mempercantiknya. Lili perdamaian juga mampu mengurangi spora jamur yang dapat terbawa oleh udara, kemudian berkembang di tempat-tempat yang lembab.
4. Rosemary
Rosemary adalah tanaman yang begitu cantik saat diletakkan di dalam ruangan yang mampu membaur dengan dekorasi apapun. Tanaman ini juga memiliki manfaat untuk meningkatkan konsentrasi, kehilangan memori, dan meredakan nyeri otot.
5. Daun ivy
Daun ivy atau English Ivy ini bertindak sebagai pembersih udara yang luar biasa, dapat mengobati penderita asma dan menyembuhkan orang yang sedang stres. Tanaman ini dapat disimpan di kamar tidur karena membantu memberi seseorang tidur malam yang nyenyak.
6. Lavender
Lavender adalah tanaman cantik berwarna ungu yang menarik bagi mata dan aromanya membantu menenangkan pikiran. Lavender merupakan salah satu tanaman yang baik diletakkan di kamar tidur karena memiliki aroma menenangkan. Aroma yang dimiliki lavender mampu mengurangi kecemasan dan insomnia. Selain itu, lavender juga mampu mengusir nyamuk serta dikenal untuk meredakan tingkat stres, kecemasan, dan depresi. Tanaman ini membawa ketenangan dan kenyamanan saat diletakkan ke dalam rumahmu.
7. Serai
Tanaman ini membantu menenangkan pikiran, mengurangi stres, rasa sakit, dan bertindak sebagai bahan utama dalam teh hijau karena membantu meningkatkan kadar gula dan kolesterol. Saat diletakkan ke dalam ruangan, daun serai mampu mengusir nyamuk dan membuat ketenangan di dalam ruangan.

Masih banyak lagi jenis tanaman hias yang dapat diletakkan dalam ruangan. Semua tergantung selera dan kesukaan seseorang terhadap jenis tanaman.

Sumber:
Maulana, A. Haris. 2021. 8 Tanaman dalam Ruangan yang Bermanfaat untuk Kesehatan. Kompas.https://www.kompas.com/homey/read/2021/01/12/120900676/8-tanaman-dalam-ruangan-yang-bermanfaat-untuk-kesehatan?page=all (Diakses pada 6 April 2021).

Penulis : Natasya Putri R
Editor : Dyah Ratika Maulani Wulandari

Pin It
Hits 1692