INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Minum Teh sebelum Tidur, Apakah Baik untuk Kesehatan?

  • By
  • In Lihat
  • Posted 10 April 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 738

Berbagai macam kegiatan yang dapat dilakukan sebelum tidur. Namun ternyata minum teh sebelum tidur memiliki berbagai manfaat. Hal tersebut tentunya jangan sampai dilewatkan. Teh merupakan salah satu jenis minuman herbal yang mempunyai berbagai macam khasiat kesehatan bagi tubuh. Teh secara khusus mempunyai kandungan antioksidan tinggi yang dapat membantu tubuh melawan senyawa radikal bebas.

Kandungan Baik dari Teh

1. Katekin : kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk melawan senyawa radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Kandungan antioksidan ini juga mempunyai banyak khasiat untuk pengobatan dan pencegahan penyakit.
2. Kafein : yaitu merupakan kandungan yang biasanya juga ditemukan pada minuman kopi, cokelat, dan teh. kafein bermanfaat untuk meningkatkan fungsi sel saraf, meningkatkan mood atau suasana hati, serta memori atau ingatan dalam otak.
3. Asam amino : merupakan kandungan theanine yang dinilai sangat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak, mengurangi stres, dan meningkatkan relaksasi pada tubuh. Ini merupakan salah satu kandungan yang dapat memberikan manfaat baik bagi tubuh untuk kualitas tidur yang baik.

Manfaat Minum The Sebelum Tidur

Mengonsumsi teh sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur menjadi lebih baik. Dalam hal ini, kandungan theanine bekerja mengurangi hormon yang berhubungan dengan stres dan meningkatkan fungsi neuron kebahagiaan dalam otak. Selain itu, kandungan ini juga dapat meningkatkan perasaan tenang dan rileks pada tubuh.

Sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur yang lebih baik. Ini bisa menjadi salah satu cara mengatasi gangguan tidur yang bisa dengan mudah dan efektif.

Efek Lain yang Ditimbulkan

Setelah mengetahui berbagai manfaat minum teh sebelum tidur, namun ternyata terdapat beberapa efek lain yang ditimbulkan saat mengonsumsi teh sebelum tidur. Berikut beberapa efek lain yang perlu diperhatikan:

1. Kafein Membuat Kesulitan Tidur
Kandungan theanine dapat membantu tubuh lebih rileks dan mendapatkan kualitas tidur lebih baik, namun bagi sebagian orang yang sensitif dengan kandungan kafein dapat menyebabkan kondisi sulit tidur. Dengan begitu, bagi orang yang sensitif terhadap kafein sebaiknya mengonsumsi teh rendah kafein. Atau bisa dengan merendam teh pada suhu ruangan bukan air mendidih, untuk mengurangi kandungan kafein di dalamnya.

2. Sering Buang Air Kecil
Hal ini sering terjadi terutama saat mengonsumsi teh atau minuman berkafein lainnya kurang dari dua jam sebelum tidur. Efek ini tidak lain disebabkan oleh sifat diuretik yang dapat meningkatkan produksi urine.

 


Penulis dan Editor: Ida Sholihatun Nisa’
Sumber:
Prabandari, Ayu Isti. 2020. Manfaat Minum Teh Sebelum Tidur, Perhatikan Cara Konsumsi yang Tepat. Diakses dari web https://www.merdeka.com/jateng/manfaat-minum-teh-sebelum-tidur-bantu-perbaiki-kualitas-istirahat-kln.html?page=all pada 10 April 2021

Pin It
Hits 46405