INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Ketahui Berbagai Manfaat Labu Kuning Ini

  • By Alina Ramadani
  • In Lihat
  • Posted 15 April 2021

Labu kuning yang biasa dikenal “waluh” ini ternyata memiliki beragam manfaat bagi tubuh Anda. Bisa Anda olah berbagai cara, seperti campuran kolak, dikukus, sup, pudding, dibakar, dipanggang, dll. Dalam 250 gram labu kuning yang sudah Anda masak terdapat vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B12, zat besi, tembaga, kalium, karbohidrat, serat, protein, lemak dan kalori. Labu kuning juga mengandung vitamin B, vitamin K, folat, dan beragam antioksidan (antosianin, lutein, kolin, karoten).

Apa aja sih manfaat dari labu kuning ini?

a. Menurunkan berat badan.

Kalori pada labu kuning tergolong rendah. Sebagian kandungannya atau 90% terdiri dari air. Dan serat yang ada pada labu kuning akan membantu Anda kenyang yang lebih lama.

b. Melancarkan pencernaan.

Serat pada labu kuning akan dicerna pada waktu yang lama, sehingga saluran pencernaan lebih aktif dan terjaga. Labu kuning juga membantu meringankan dan mencegah sembelit.

c. Menyehatkan mata.

Kesehatan mata berasal dari kandungan vitamin A, pada labu kuning kandungan vitamin A lebih banyak dari pada wortel. Labu kuning ini juga kaya akan antioksidan lutein dan zeaxanthin. Inilah mengapa labu kuning mampu menyehatkan mata Anda juga mencegah penyakit mata lainnya (katarak, degenerasi macula).

d. Mencegah risiko terkena kanker.

Kandungan vitamin A, vitamin C, beta karoten mampu menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Beberapa penelitian menyebutkan, konsumsi carotenoid dengan jumlah yang cukup mampu mengurangi risiko terkena kanker pankreas, tenggorokan, dan lainnya.

e. Menjaga kesehatan jantung.

Kalium, serat, antioksidan pada labu kuning inilah sumber nutrisi untuk memelihara kesehatan jantung Anda. Kalium yang menjaga tekanan darah tetap stabil kemudian serat dan antioksidan yang mampu mengurangi kolesterol dalam darah, juga mencegah penyumbatan pada pembuluh darah jantung Anda.

f. Meningkatkan kualitas tidur.

Ada kandungan triptofan pada labu kuning, dimana salah satu jenis amino ini mampu meningkatkan kualitas tidur Anda. Adapun kandungan zinc yang membantu otak menghasilkan hormone serotonin dan melatonin yang mengatur siklus tidur Anda. Disarankan konsumsi labu kuning sebelum tidur.

g. Meningkatkan daya tahan tubuh.

Kandungan vitamin C serta beta karoten dalam labu kuning inilah yang berperan untuk sistem kekebalan tubuh Anda. Beta karoten akan diubah menjadi vitamin A dan memicu pembentukan sel darah putih. Sel darah putih ini berperan penting melawan infeksi pada tubuh Anda.

Nah, banyak sekali bukan manfaat dari labu kuning ini. Adapun manfaat untuk wajah Anda, kandungan beta karoten pada labu kuning dapat melindungi kulit akibat paparan sinar matahari lho. Sebelum Anda konsumsi labu kuning pastikan dalam kondisi baik dan Anda sudah mencucinya hingga bersih. Perhatikan juga seberapa banyak Anda konsumsi labu kuning, kandungan vitamin A pada labu kuning ini tinggi. Sehingga bisa menimbulkan keracunan vitamin A.

 

Sumber:

Putri, Nina Hertiwi. 2019. Manfaat Labu Kuning yang Sangat Berguna Untuk Kesehatan. https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-labu-kuning-untuk-kesehatan-mulai-dari-kulit-hingga-jantung (Diakses pada 14 April 2021).

Adrian, Kevin. 2020. 9 Manfaat Labu Kuning yang Bisa Anda Peroleh. https://www.alodokter.com/sederet-manfaat-labu-kuning-yang-bisa-anda-peroleh (Diakses pada 14 April 2021).

 

Penulis : Ratna Dhelva I. W.

Editor : Titis Nurmalita Dianti

Pin It
Hits 3059