INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Bahaya Tidur Setelah Sahur bagi Kesehatan

  • By Alina Ramadani
  • In Lihat
  • Posted 17 April 2021

Tidur setelah sahur ternyata berbahaya bagi kesehatan. Usai sahur organ pencernaan masih bekerja untuk mengolah makanan yang Anda konsumsi di waktu tersebut.

Sedangkan jika Anda tidur setelah sahur, seluruh fungsi tubuh akan beristirahat, termasuk organ pencernaan. Akibatnya, sistem pencernaan tidak memiliki kesempatan untuk bekerja dengan baik. Pada akhirnya, akan terjadi timbunan zat di dalam perut.

Berikut adalah bahaya dari tidur setelah sahur :

1. Mulas

Kamu mungkin akan merasa nyaman berbaring segera setelah makan, tetapi hal ini dapat menyebabkan mulas pada perut kamu. Mulas terjadi karena produksi berlebihan asam lambung yang menyebar dari lambung dan mengarah ke tenggorokan atau dada. Asam lambung yang menuju ke organ bagian atas menyebabkan sendawa serta menyebabkan rasa asam di mulut. Gangguan tersebut juga dikaitkan dengan cegukan, sehingga membuat kamu sulit untuk tidur nyenyak di malam hari.

2. GERD

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) juga dapat terjadi jika kamu tidur setelah sahur. Kondisi ini terjadi karena letak katup antara kerongkongan dan lambung yang tidak menutup. Asam lambung bergerak menuju tenggorokan dan membuat kamu merasakan sensasi terbakar. Jika kondisi ini tidak segera diobati, hal tersebut akan mengakibatkan efek merusak pada selaput lendir tenggorokan yang menyebabkan komplikasi lebih lanjut.

 

Referensi :

Halodoc.com. (2019, Mei 06). 2 Hal yang Terjadi pada Tubuh Jika Tidur Setelah Sahur. Diakses pada 17 Mei 2021, dari https://www.halodoc.com/artikel/2-hal-yang-terjadi-pada-tubuh-jika-tidur-setelah-sahur.

 

Penulis : Resva Nursyamsiyah

Editor : Dyah Ratika Maulani Wulandari

Pin It
Hits 480