INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Mengatur Konsumsi Air Putih di Bulan Puasa

  • By Alina Ramadani
  • In Lihat
  • Posted 17 April 2021

Tubuh manusia membutuhkan 2 liter atau 8 gelas air putih tiap harinya. Selama berpuasa, tubuh akan kehilangan cairan. Kekurangan air putih saat puasa dapat menyebabkan dehidrasi, kulit kering, dan efek samping lainnya. Maka dari itu, diharuskan untuk mengganti cairan yang telah hilang selama berpuasa dengan mengonsumsi air putih yang cukup. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan pola 2-4-2, yaitu:

2 Gelas saat Berbuka

Saat berbuka puasa, minum air putih sebanyak 2 gelas. Dapat dilakukan secara berkala dengan meminum 1 gelas saat berbuka dan 1 gelas setelah sholat maghrib.

4 Gelas saat Malam

Konsumsi air putih saat malam hari adalah 4 gelas. Dapat dilakukan dengan membaginya dalam 1 gelas, yaitu sebelum makan malam, setelah makan malam, setelah sholat isya/tarawih, dan sebelum tidur.

2 Gelas saat Sahur

Saat sahur, minum 2 gelas air dengan membaginya sebanyak 1 gelas sebelum makan sahur dan sesudah makan sahur. Jangan lewatkan makan sahur, karena konsumsi makanan dan minuman saat sahur memberi energi pada tubuh selama kita berpuasa.

Utamakan untuk mengonsumsi air putih dibandingkan minuman yang manis, terutama yang mengandung pemanis buatan. Mengonsumsi air putih saat bulan puasa sangat bermanfaat bagi tubuh, diantaranya yaitu:

Memperlancar Sistem Pencernaan

Konsumsi air putih yang sesuai kebutuhan dapat mencegah terjadinya masalah pada sistem pencernaan, seperti konstipasi atau susah buang air besar.

Menggantikan Cairan Tubuh yang Hilang

Untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang karena berpuasa dapat dilakukan dengan mencukupi asupan air putih.

Menjaga kulit sehat

Ketika berpuasa, kulit akan menjadi kering dan pucat. Mengonsumsi air putih yang cukup selama bulan puasa dapat membuat kulit lebih segar dan terhindar dari racun yang masuk ke tubuh.

Menjaga kinerja otot

Kekurangan asupan cairan dapat menyebabkan otot dan tubuh mudah merasakan lelah. Air putih mengandung magnesium yang dapat membantu menjaga kinerja otot.

Konsumsi air putih selama bulan puasa sangat penting bagi tubuh. Jangan pernah melewatkan konsumsi air yang cukup saat berbuka dan sahur. Selain konsumsi air putih, perhatikan pula asupan gizi pada makanan yang juga harus dipenuhi agar tubuh tetap terjaga kesehatannya selama bulan puasa.

 

Referensi:

https://www.halodoc.com/artikel/aturan-minum-air-putih-saat-puasa.

https://www.sehatq.com/artikel/hindari-dehidrasi-ini-cara-minum-air-saat-puasa-yang-tepat.

 

Penulis: Tiffani Nur Widya Andari

Editor: Naili Raudiatus Zahra

Pin It
Hits 593