INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Ketahui Cara Mencegah Kanker Serviks

  • By
  • In Lihat
  • Posted 20 April 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 738

Kanker serviks dapat terjadi akibat infeksi virus HPV (human papillomavirus) yang biasanya disebarkan melalui hubungan seksual. Penyakit yang cukup mematikan ini sering kali tidak menimbulkan gejala pada awalnya. Ketika muncul pun, gejala kerap disalahartikan sebagai gejala menstruasi atau infeksi saluran kemih.

Kanker serviks merupakan salah satu penyakit berbahaya dan mematikan bagi kaum wanita. Dengan demikian sangat penting bagi para wanita untuk mengetahui cara mendeteksi dan mencegah kanker ini sejak dini.

Cara Mencegah Kanker Serviks

1. Rutin melakukan pemeriksaan Pap smear

Pap smear merupakan salah satu cara terbaik sebagai lini pertahanan pertama untuk cegah kanker serviks. Pap smear bertujuan untuk melihat keberadaan sel-sel yang mungkin dapat berkembang menjadi kanker. Tes ini dilakukan dengan mengambil sampel sel di serviks (leher rahim). Berikut adalah rekomendasi jadwal pemeriksaan pap smear berdasarkan usia:
• Wanita usia 25–49 tahun: setiap 3 tahun
• Wanita usia 50–64 tahun: setiap 5 tahun
• Wanita usia di atas 65 tahun: hanya jika ada keluhan tertentu pada serviks dan area sekitarnya atau belum pernah melakukan Pap smear sejak usia 50 tahun.

2. Menerima vaksin HPV

Vaksin HPV bertujuan untuk pencegahan kanker serviks yang paling ideal diberikan pada mereka yang memang belum aktif secara seksual. Namun, semua orang dewasa yang aktif secara seksual dan belum pernah mendapatkan vaksin pencegahan kanker serviks disarankan untuk segera melakukan vaksinasi. Vaksinasi dilakukan terutama untuk mencegah infeksi virus HPV yang paling banyak menyebabkan kanker, seperti HPV-16 dan HPV-18.

3. Menghindari seks berisiko

Penularan virus HPV bisa ditularkan melalui hubungan seks yang tidak aman, misalnya tidak menggunakan kondom. Virus HPV tidak hanya dapat ditularkan melalui penetrasi semata. Melakukan seks yang aman dengan menggunakan kondom dapat mengurangi risiko terinfeksi HPV. Hindari pula hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan sehingga risiko terkena infeksi HPV bisa diminimalisir.

4. Menghindari kebiasaan merokok

Wanita perokok memiliki risiko lebih besar untuk terkena kanker serviks. Hal ini kemungkinan karena kebiasaan merokok membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih lemah dalam melawan virus HPV.

5.Mengonsumsi makanan bergizi seimbang

Menerapkan pola makan yang sehat juga bisa menjadi langkah untuk mengurangi risiko terkena kanker, tak terkecuali kanker serviks. Konsumsi makanan sehat dapat dimulai dengan makan banyak buah dan sayuran setiap harinya. Selain itu hindari pula makanan olahan yang kebanyakan tinggi kalori tapi rendah nutrisi.

6. Menjaga berat badan ideal

Menjaga berat badan juga dapat menurunkan risiko terkena macam-macam jenis kanker salah satunya kanker serviks. Menjaga berat badan ideal dapat dilakukan dengan membiasakan diri melakukan aktivitas fisik atau olahraga secara teratur.

 


Penulis: Ida Sholihatun Nisa (Airlangga Nursing Journalist)
Sumber:
Nareza, Meva. 2021. Ketahui Cara Mendeteksi Kanker Serviks Sekaligus Mencegahnya sejak Dini. Diakses dari web https://www.alodokter.com/ini-upaya-mencegah-dan-cara-mendeteksi-kanker-serviks pada tanggal 19 April 2021
Savitri, Tania. 2017.Langkah Pencegahan Kanker Serviks yang Penting Diketahui Wanita. Diakses dari web https://hellosehat.com/kanker/kanker-serviks/pencegahan-kanker-serviks/ pada 19 April 2021

Pin It
Hits 560